Bupati Maros Jadi Narsum Talk Show “Indonesia Cakap Digital”

Bupati Maros, AS Chaidir Syam memaparkan empat pilar literasi digital. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAROS – Bupati Maros, AS Chaidir Syam menjadi narasumber di acara Talkshow Program Literasi Digital bertema Indonesia Makin Cakap Digital Pendidikan Sulawesi di Gedung Balai Manunggal Jenderal M Yusuf, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Rabu (28/9/2022).
Peserta dalam talkshow ini, yakni para pelajar se Sulawesi Selatan, dan digelar secara offline. Chaidir Syam memaparkan empat pilar literasi digital, yakni kecakapan digital, etika digital, keamanan digital dan budaya digital.
“Untuk membuat masyarakat bisa mengakses internet untuyk menyesuaikan diri dengan era digital, khususnya di wilayah terpencil di Kabupaten Maros, kami sementara ini mendorong akses internet bisa sampai hingga ke desa terpencil di Maros,” kata Chaidir Syam.
Dia mengharapkan, para pengguna  internet ini, juga harus dibimbin agar cakap secara digital agar pengguna internet bisa berkonstribusi dan memberi manfaat dan tidak membuat atau mengakses konten-konten negatif.
Terutama bagi generasi¬† millenial, agar mengantisipasi konten negatif utamanya yang ada di media sosial, seperti hoaks, ujaran kebencian dan perundungan, karena trend perilaku pengguna medsos masih banyak yang mengarah ke hal-hal negatif,” tuturnya.
Sementara itu, di tempat yang sama, Menteri Komunikasi Dan Informatika, Johnny G Plate dalam sambutannya, mengatakan, inovasi di era digital sangat berkembang utamanya di masa Pandemi.
“Terbukti terbukti dengan semakin gencarnya penggunaan internet misalnya untuk pembelajaran secara daring, dan masih banyak lagi,” ujarnya.
Jhony G Plate berharap, tiap-tiap daerah tak hanya membangun sarana dan infrastruktur, tetapi juga membangun sumber daya manusia yang cakap digital. (asrul nurdin)