Sebut PT Vale Majukan Sulsel, Taufan Pawe Ajak Masyarakat Sulawesi Selatan Tidak Polemikkan Lagi

menitindonesia, LUWU TIMUR – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP) memberikan apresiasi kepada PT Vale Indonesia atas pengelolaan lingkungan di Sorowako, Luwu Timur.
Hal tersebut ia ungkapkan setelah mendampingi Menteri Koordiator Bidang Perekonomian (Menko Parekonomian) Airlangga Hartarto, kunjungan kerja ke PT Vale Indonesia, Sabtu (12/2/2023).
“Saya dengan bapak Airlangga yang menyaksikan langsung tata kelola lingkungan sangat terkesan. PT Vale menerapkan standar paling tinggi dalam menciptakan keunggulan kinerja dan kepedulian terhadap manusia dan alam dengan nilai jangka panjang,” kata Taufan Pawe kepada media.
Wali Kota Parepare dua periode itu mengungkapkan, salah satu tata kelola lingkungan yang dilakukan PT Vale Indonesia yakni pembibitan pohon untuk mereklamasi lahan pasca pengolahan tambang.
Selain itu, PT Vale Indonesia mampu menjaga ekosistem Danau Matano. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang dibangun PT Vale Indonesia juga menjadi tumpuan suplay listrik masyarakat Kabupaten Luwu Timur.
“Saya melihat tata kelola lingkungan terkendali dengan baik. Ada ekosistem yang terjaga. Maka saya sebagai kepala daerah juga sebagai pimpinan partai tentu melihat posisi asas manfaat bagi negara dan masyarakat Lutim. Jadi tidak usah kita berpolemik lagi tentang kehadiran PT Vale Indonesia,” katanya.
Taufan Pawe mengaku, dirinya memberikan apresiasi dan dukungan terhadat PT Vale Indonesia atas kontribusinya membangun kemajuan Sulsel khususnya Luwu Timur.
“Ada sebuah pembelajaran dari PT Vale Indonesia. Apabila ada perusahaan – perusahaan skala besar investasi di Indonesia dengan menguntungkan masyarakat dan tidak melakukan pencemaran lingkungan, patutlah kita apresiasi dan didukung,” katanya.
Sementara Direktur External PT Vale Indonesia, Endra Kusuma mengapresiasi atas kunjungan kerja Wali Kota Parepare Taufan Pawe. Dirinya menilai, capaian PT Vale saat ini tidak lepas dengan kolaborasi dan dukungan pemerintah dan legislatif.
“Apresiasi untuk kehadiran bapak Taufan Pawe. Tentunya mari kita berkolaborasi bersinergi untuk menjaga lingkungan kita, sosial kita, demi kemajuan bangsa kita,” katanya.
“Salah satu komitmen PT Vale yakni menjaga standar mutu lingkungan. Kita melakukan reklamasi sesuai aturan agar lingkungan itu bisa berlanjut. Capaian ini tidak lepas dari dukungan seluruh elemen khususnya pemerintah daerah dan masyarakat,” pungkasnya. (*)