Program Pembinaan Terintegrasi KONI Makassar Mulai Terlihat Banyak Atlet Tembus Pelatnas

menitindonesia, MAKASSAR — Pada era kepemimpinan Ahmad Susanto sebagai Ketua KONI Kota Makassar, ada banyak atlet asal Kota Daeng tembus Pelatihan Nasional (Pelatnas).
Ada belasan atlet asal Kota Makassar dipanggil masuk Pelatnas untuk persiapan penyelenggaraan SEA Games 2023 di Kamboja dan Asian Games 2023 di Hangzhou, China.
Mereka berasal dari sejumlah cabang olahraga. Di antaranya angkat besi, karate, dayung, panjat tebing, pencak silat, dan lainnya.
Atlet angkat besi Makassar, Rahmat Erwin Abdullah sudah bergabung di Pelatnas PB PABSI sejak 10 Januari 2023 lalu. Erwin memang menjadi andalan Indonesia di kelas 73 kilogram putra.
Pada SEA Games 2022 lalu, Rahmat berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia. Prestasi membanggakan lainnya ditorehkan Rahmat pada olimpiade di Tokyo 2020 dengan meraih perunggu untuk Indonesia.
Selain Rahmat, beberapa atlet karate asal Sulsel juga dipanggil masuk pelatnas. Mereka antara lain Krisda Putri Aprilia, Andi Tomy Aditya, Albiadi, dan Andi Dasril Dwi.
“Selain beberapa atlet, pelatih karate asal Makassar, Aswar juga masuk pelatnas,” kata Andi Naharuddin, Sekretaris Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) Makassar, Andi Naharuddin.
Atlet asal Makassar lainnya yang masuk pelatnas adalah Alivany Ver Khadijah dari cabang panjat tebing. Mahasiswi Universitas Negeri Makassar ini sudah hampir setahun menghuni Pelatnas. Pada 2022 lalu, Alivany mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di event pekan olahraga mahasiswa Asean di Bangkok, Thailand.
Dari cabang olahraga dayung, empat atlet asal Makassar juga dipanggil masuk Pelatnas. Mereka adalah Sulfianto, Nurtang, Puteri Agni Anugerah, dan Yusuf Manggali.
Ketua KONI Kota Makassar, Ahmad Susanto DB bangga dengan banyaknya atlet Makassar yang masuk Pelatnas. Menurut dia, capaian ini menjadi salah satu indikator keberhasilan pembinaan atlet di Kota Makassar.
“Salut dan bangga dengan prestasi yang ditorehkan atlet Makassar. Saya juga mengapresiasi program pembinaan yang sudah berhasil dijalankan beberapa cabang olahraga,” kata Ahmad Susanto.
“Kita terus dorong atlet kita dan siap dukung Tim Nasional,” tambahnya. (*)