Bicara Soto Lamongan-Coto Makassar, Danny Pomanto: Tak Bertentangan, Saling Mendukung

menitindonesia, MAKASSAR — Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto mengatakan makanan khas Lamongan yakni
Soto Lamongan dan makanan khas Makassar Coto Makassar tidak bertentangan. Sebaliknya, justru saling mendukung.
Perumpamaan itu, kata Ramdhan Pomanto sebagai gambaran bahwa masyarakat asal Lamongan yang sudah berdomisili di Makassar membantu Pemkot Makassar dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonominya.
“Saya berterimakasih terhadap kontribusi masyarakat Lamongan di Kota Makassar,” kata Danny Pomanto sapaan akrab Ramdhan Pomanto saat menjamu makan malam Bupati Lamongan beserta jajaran dan Paguyuban Warga Lamongan di Kediamannya, Jl Amirullah, Jumat (9/6/2023).
Danny mengungkapkan, biasanya makanan yang bukan khas Makassar sulit bersaing dengan makanan khas Makassar.
Tetapi, ia akui tidak dengan Soto Lamongan.
“Soto Lamongan itu bagus enaknya. Kenapa? Karena di sini enak-enak makanannya, kalau bisa bertahan itu berarti enak sekali karena bisa bersaing,” akunya tersenyum disambut tepuk tangan hadirin.
Di samping itu, wali kota dua periode ini menjelaskan bahwa branding Makassar Kota Makan Enak tentunya tidak terbatas pada makanan tradisional Makassar saja tetapi makanan yang sudah melegenda di Makassar seperti Soto Lamongan.
Wali kota berlatar arsitek ini juga mengajak Pemkab Lamongan agar dapat berkontribusi nantinya dalam acara Festival F8.
Apalagi, acara ini sudah masuk dalam Top 10 Kharisma Event Nusantara (KEN).
“Jadi Pak Bupati bisa berpartisipasi dan mengisi dua-tiga komponen di F8,” ajaknya.
Dia berharap silaturahmi ini dapat membawa berkah bagi Lamongan dan Kota Makassar. Dan makin mendekatkan rasa persaudaraan antarwarga Makassar dan Lamongan.
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menghaturkan terima kasihnya karena sudah disambut hangat Wali Kota Danny Pomanto dan jajaran di Makassar.
Selain itu, Efendi juga mengakui rasa kekhasan masakan tradisional Makassar. Bahkan dia menuturkan Coto Makassar dengan Soto Lamongan menjadi perekat yang luar biasa.
“Setelah mencoba Coto Makassar saya pastikan akan kembali lagi,” sanjungnya.
Dia berpesan agar warga Lamongan yang bekerja dan berdomisili di Makassar agar memberikan kontribusi dan mendukung apa yang menjadi program dan kebijakan Wali Kota Makassar. (*)