12 Kali Berturut-turut Raih WTP, Bupati Maros dan Ketua DPRD Apresiasi Stakeholder

menitindonesia, MAKASSAR – Pemerintah Kabupaten Maros kembali meraih WTP ( Wajar Tanpa Pengecualian ) ini merupakan capaian terbaik dan sudah yang ke 14 kalinya. Dan terlebih lagi raihan yang diperoleh 12 kali berturut-turut.
Hal itu diketahui saat Bupati Maros Chaidir Syam menerima WTP untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2023 diserahkan di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulsel, Makassar, Rabu (29/5/2024).
Bupati Maros, Chaidir Syam mengatakan, apa yang telah diraihnya itu berkat sinergitas yang berjalan dengan baik di lingkup Pemda (Stakeholder) Maros. Dia menyebutkan raihan WTP itu selama 12 kali berturut-turut.
“Alhamdulillah ini capaian yang membanggakan. Dari persentase rekomendasi yang belum ditindaklanjuti berada di angka 0 persen. Meski begitu kami tetap benahi persoalan aset. Harus ada perbaikan di Maros. Agar apa yang telah diraih dapat kami pertahankan,” ujarnya.
Dikatakan bahwa setiap tahun seleksi WTP semakin ketat. Oleh karena itu pihaknya juga akan terus menyampaikan Pemda dan memberikan pelajaran berharga untuk menyiapkan SOP pada perbup yang harus disiapkan guna menjamin akuntabilitas dan transparansi terhadap penggunaan anggaran. Terutama dalam menjalankan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.
Sementara itu, Ketua DPRD Maros, Andi Patarai Amir mengapresiasi prestasi tersebut. Kata dia. Apa yang diraih Pemkab Maros merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat. “Semoga bisa jadi cambuk untuk terus berbuat yang lebih baik bagi masyarakat,” kata Patarai. Di momen penyerahan WTP untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2023, di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulsel Pemkab lainnya juga yang menerima adalah Pemkab Gowa dan Pemkab Pinrang. (*)