Soroti Kerusakan Jalan Poros, Irfan AB : Kualitasnya Rendah!!

menitindonesia, MAROS – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Muh Irfan AB menyoroti kondisi jalan poros nasional mulai dari Maros, Pangkep, Barru hingga Pare-pare yang saat ini mengalami kerusakan parah pasca hujan deras yang mengguyur sejak beberapa hari terakhir.
Hal itu disampaikan Irfan saat mengikuti Rapat Paripurna pembacaan Pokok-pokok pikiran anggota DPRD hasil reses, pengesahan RPJMD perumahan, Hibah asset lahan Almarkas Al-Islami Makassar.
Menurut Irfan, selain faktor hujan, buruknya kualitas pengerjaan proyek jalan nasional itu juga menjadi penyebab kerusakan parah itu hampir terjadi setiap tahun saat musim hujan.
“Setiap tahun Poros jalan utama mengalami rusak berat setiap musim hujan tiba, salah satu yang mengakibatkan tentunya adalah Karena kualitas pekerjaan yang rendah. Ini menyebabkan terjadinya banyak kecelakaan dan kerusakan kendaraan serta semakin memacetkan poros jalan,” katanya, Selasa (22/12/2020).
Irfan menyebut, kemacetan panjang di jalan poros Maros – Makassar terjadi hampir setiap hari. Bahkan, kemacetan itu terjadi mulai dari Maros kota sampai simpang lima Bandara Hasanuddin.
“Banyak warga yang mengeluh, dari Maros ke Makassar atau sebaliknya itu bisa makan waktu sampai 5 jam. Ini karena banyaknya lubang-lubang di jalan poros yang membuat kendaraan melambat,” ujarnya.
Ia pun berharap, agar pihak terkait utamanya Balai Pengerjaan Jalan bisa melakukan evaluasi terhadap kualitas pengerjaan jalan poros trans Sulawesi mulai dari Maros sampai Parepare.
“Saya harap ini bisa segera diperbaiki dan dievaluasi kualitas pengerjaan perbaikannya biar lebih tahan dengan cuaca seperti hujan kayak sekarang,” pungkasnya.