Komisi C DPRD Makassar sharing Terkait Reklamasi Pesisir Laut di DPRD Kendari

Ketua Komisi C Abdi Asmara bertukar cindera mata dengan Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan. (Foto: Ist_hms)
menitindonesia, MAKASSAR – Komisi C DPRD kota Makassar melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kota Kendari dalam rangka sharing terkait reklamasi laut yang telah dilaksanakan di Kota Kendari, pada Senin (29/03/2021).
Rombongan Komisi C diterima langsung Ketua DPRD Kendari Subhan, yang didampingi Ketua Bapemperda DPRD Kendari Ilham Hamra dan dihadiri Kepala Dinas PU Kendari Erlis Sadya Kencana dan Wakil Ketua Bapemperda DPRD Kendari Sahabuddin.
“Di Makassar sudah ada Perda nomor 5 thn 2015 tentang RTRW, sementara kami berencana untuk merevisi khususnya daerah pesisir yang bakal direklamasi. Kami ke sini ingin sharing terkait reklamasi laut yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah kota Kendari,” kata Ketua Komisi C DPRD Kota Makassar, Abdi Asmara.
Menyikapi hal tersebut, Ketua DPRD Kendari Subhan mengatakan, bahwa Makassar dan Kendari ibarat adik kakak. Kendari, kata dia, sewring mengambil kebijakan setelah mencontoh apa yang sudah dilaksanakan di Makassar.
Lebih lanjut Subhan menjelaskan, teluk Kendari memiliki satu kelebihan tersendiri sehingga menjadi perhatian khusus dimasukkan dalam RDTR. “Luasan reklamasi yang sudah dilaksanakan, bertujuan karena pendangkalan teluk kendari jadi masalah,” ungkapnya.
Sementara itu Kepala Dinas PU Kota Kendari Erlis Sadya Kencana menambahkan, bahwa DPRD bersama Pemerintah kota Kendari saat ini sedang merevisi RTRW tahun 2012. Perubahan bibir pantai, kata dia, akan dilengkapi Fasum dan Fasos agar pemandangannya tidak kelihatan kumuh
“Reklamaai 50 hektar ditimbun dengan menggunakan sedimentasi di sekitar laut dengan membngun central bisnis development di kawasan teluk kendari,” jelas Erlis.
Akhir kunjungan DPRD kota Makassar ke kantor DPRD kota Kendari diakhiri dengan saling bertukar cindera mata dan melakukan foto bersama. (rls-andiesse)