Wabup Maros Dorong para Guru Bangkitkan Kembali Semangat Belajar Para Peserta Didik

Wakil Bupati Maros Hj Suhartina Bohari di depan siswa-siswi yang belajar di Museum. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAROS – Wakil Bupati Maros Hj Suhartina Bohari membuka kegatan belajar di museum yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maros, Senin (5/3/2021)
Suhartina dalam sambutannya mengatakan, kegiatan belajar di museum sangat bermanfaat karena membangkitkan semangat peserta didik untuk mengenal sejarah dan memupuk rasa cinta kepada daerah Kabupaten Maros melalui pembelajaran di museum.
“Anak-anak kita sekarang sudah merindukan sekolahnya. Mereka rindu belajar bersama di kelas. Atau, bisa jadi, mungkin ada yang sudah lupa sekolahnya, sehingga semangat belajarnya menurun,” kata Suhartina.
Ia meminta kepada guru-guru agar tetap bersemangat dan kreatif memberikan edukasi terhadap peserta didiknya, dan terus memupuk semangat anak-anak untuk belajar.
Masa pandemi, kata dia, telah mengubah banyak kebiasaan belajar mengajar. Sehingga membutuhkan sentuhan kreatif agar anak-anak tidak jenuh dan tetap menggali pelajarannya, meskipun proses belajar mengajar dilaksanakan tanpa tatap muka.
Suhartina juga menyampaikan, rencana belajar tatap muka akan dimulai pasca lebaran karena jumlah kasus Covid 19 di Kabupaten Maros sudah mulai melandai.
“Insya Allah, sekolah tatap muka seperti sedia kala sudah bisa dimulai pasca lebaran, karena program vaksinasi saat ini sedang gencar dilakanakan oleh pemerintah, dan jumlah kasus Covid-19 juga sudah melandai,” ujarnya.
Ia berharap Kabupaten Maros akan segera kembali ke zona hijau. Menurutnya, salah satu poin yang menjadi syarat pelaksanaan sekolah tatap muka ialah wilayah tersebut sudah berada pada zona hijau.
Selain itu, Suhartina juga menjelaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten Maros telah menyiapkan berbagai inovasi untuk menumbuhkan kembali semangat belajar terhadap anak-anak yang mulai pudar akibat kebiasaan baru di masa pandemi.
“Kalau perlu, perbanyak studi lapangan atau diselingi rekreasi agar anak-anak kembali bersemangat belajar,” ucapnya.
Dalam kesempatan itu, Suhartina kembali mengingatkan para guru agar tetap melaksanakan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19. Ia juga mengapresiasi peran guru yang tak kenal lelah dalam mendidik anak-anak di tengah pandemi dan wabah virus corona.
“Peran guru sangat penting, karena itu, kami akan selalu menghormati para guru yang telah mendidik kami hingga bisa seperti hari ini. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa,” pungkas Suhartina. (roma)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini