Lantik Pengurus PWI Sulsel, Ketua PWI Pusat: Anggota PWI Harus Memiliki Kompetensi

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Detari saat pelantikan pengurus PWI Sulsel Periode 2021-2026. (Foto: Ist_ade_menit)
menitindonesia, MAKASSAR – Ketua Umum PWI Pusat Atal S Detari melantik Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Selatan periode 2021-2026, di Hotel Claro Makassar, Sabtu, (10/4/2021).
Pada acara pelantikan tersebut, Atal S Detari menyampaikan harapannya kepada Ketua PWI Sulsel dan jajaran pengurus agar terus menggalakkan pelatihan-pelatihan kewartawan dan peningkatan kompetensi wartawan di Sulawesi Selatan.
“Profesi tanpa kompetensi sama dengan pepesan kosong, nyaring tapi tak bermakna. Maka saya minta program PWI Sulsel ke depan, agar terus lakukan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi wartawan di era digital ini,” kata Atal S Detari.
Sebelumnya, Ketua PWI Sulsel HM Agus Salim Alwi Hamu, menyampaikan dalam lima tahun terakhir periode pertama PWI Sulsel telah berkali-kali melakukan pelatihan dan uji kompetensi bagi Anggota PWI. Program tersebut, kata dia, akan tetap di lanjutkannya pada masa bakti periode 2021-2026.
Selain itu, Agus juga menyampaikan, bahwa ia berkeingin menjadikan PWI Sulsel sebagai rumah bersama bagi seluruh wartawan di Sulawesi Selatan. Periode kali, kata dia, inilah pertama kali PWI Sulsel memilih ketua secara aklamasi.
“PWI telah melalui berbagai cobaan dan rintangan. Termasuk menghadapi masalah hukum beberapa tahun lalu. Tapi semua bisa dilalui. PWI Sulsel berhasil memenangkan perkara hukum, baik perdata maupun pidana beberapa waktu lalu. Ini berkat perjuangan Pak Zulkifli Gani Otto yang gigih memperjuangkan organiasasi wartawan ini,” kata Agus Salim.
Sementara itu, Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual mengatakan, keberadaan PWI Sulsel sangat membantu pemerintah dalam menyanmpaikan informasi-informasi yang penting kepada masyarakat.
Ia berharap, PWI ke depan mampu membina anggotanya agar memiliki kompetensi dan memegang teguh kode etik dalam meliput dan menyampaikan informasi kepada masyarakat.
“Saat ini, sebagai wadah wartawan, PWI Sulsel telah berhasil membina anggotanya melakukan tugas-tugas jurnalistik dan meningkatkan kompetensi bagi wartawan yang ada di Sulawesi Selatan,” ujar Sudirman.
Di penghujung acara pelantikan pengurus tersebut, PWI Sulsel juga memberikan penghargaan “PWI Award” kepada sejumlah tokoh yang dinilai berperan aktif mendukung kebebasan pers dalam memberikan informasi untuk kepentingan publik.
Masing-masing yang diberikan Award yakni: Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam, Pangdam XIV Hasanuddin, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Walikota Makassar Ramdhan Pomanto, Bupati Maros HAS Chaidir Syam, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Bupati Bantaeng Ilham Azikin, Bupati Lutra Indah Putri, Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid dan Walikota Parepare Taufan Pawe. (andi ade zakaria)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini