Kasus Covid-19 di Maros Melonjak, RSUD Palalloi Mulai Kewalahan Tangani Pasien

Pelayanan Pasien Covid-19 di RSUD dr.Palalloi Maros, sudah mulai kewalahan. (Foto: ist)
menitindonesia, MAROS – Fasilitas Kesehatan di RSUD dr. Pallalloi (RS Salewangang) Kabupaten Maros terancam kewalahan menangani pasien Covid-19. Direktur RSUD dr Palaloi, dr Fitri Adhecahya mengatakan, kondisi keterisian tempat tidur perawatan untuk pasien Covid-19 sudah mencapai 90 persen.
“Dari 60 unit tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19, sudah 54 unit terisi, sudah 90 persen. Sedangkan untuk penanganan di ICU kapasitasnya hanya untuk 4 orang, semuanya sudah terisi,” kata Fitri Adhecahya, Minggu (1/8/2021)
Dia pun mengkhawatirkan, jika lonjakan kasus terus menerus bertambah, maka fasilitas yang tersedia dipastikan tidak sanggup lagi menampung pasien, apalagi pasien tidak memungkinkan dirujuk kondisi Rumah Sakit di Makassar juga sudah mulai penuh dengan pasien Covid.
Namun, Fitri mengaku, pihaknya sampai saat ini terus berusaha meningkatkan fasilitas dan pelayanan kepada pasien covid-19, termasuk mengusahakan penambahan tempat tidur perawatan dan ketersediaan oksigen.
Karena itu, dia mengingatkan masyarakat agar tak abai menjalankan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 ini, apalagi fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan sangat terbatas.
Fitri mengatakan, trend kasus terinfeksi Covid-19 terus mengalami peningkatan di Maros, juga disebabkan masih banyaknya masyarakat yang lalai menggunakan masker dan tidak menerapkan protokol kesehatan.
“Kami meminta agar warga lebih ketat lagi menerapkan prokes, memakai masker, rajin mencuci cuci tangan, menghindari kerumunan, menjaga jarak saat beraktifitas. Kondisi fasilitas kesehatan dan tenaga yang tersedia sangat terbatas,” pungkasnya. (roma)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini