Airlangga Hartarto Bawakan Kuliah Umum di Unhas Bahas Teknologi Digital, Guru Besar: Ini Bermanfaat Untuk Mahasiswa Era Sekarang

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR, – Rencana kuliah umum dengan tema “Akselerasi Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Melalui Dukungan Tekhnologi Digital,” akan dibawakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas), Sabtu (12/3) besok, dinilai menjadi magnet antara dunia industri dengan kampus.
Pengamat Hukum Kebijakan Publik, Prof Dr Aminuddin Ilmar, SH, MH, menilai kehadiran Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian maupun sebagai Ketum DPP Golkar menjadi magnet tersendiri, baik untuk ekonomi maupun dunia kampus.
“kami berbangga, Pak Airlangga mau hadir menjelaskan Akselerasi Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Melalui Dukungan Tekhnologi Digital, tema kuliah umumnya di kampus. Ini salah satu bentuk kebijakan Menteri Pendidikan untuk belajar merdeka atau merdeka belajar,” kata Prof Aminuddin Ilmar melalui, telepon selulernya, Kamis (10/3/2022).
Menurut, Prof Aminuddin Ilmar, sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi kampus bila kehadiran seorang Menteri Koordinator mau memberikan materi tentang studi kampus.
“Saya kira mahasiswa akan sangat antusias mendengarkan pemaparan. Pak Menkoperekonomian akan memberikan penambahan wawasan apa yang menjadi kepentingan mahasiswa di dalam kondisi kekinian,” ungkap guru besar hukum tata pemerintahan itu.
Prof Aminuddin Ilmar juga berharap, Airlangga Hartarto bisa memberikan dorongan bagi perguruan tinggi agar bisa menjalankan kerjasama dengan dunia industri.
“Kiprahnya bagaimana link and match bisa betul-betul diterapkan. Sehingga perguruan tinggi bisa berperan penting di dalam sisi perekonomian nasional kita, karena kalau hasil-hasil perguruan tinggi bisa di kontribusi di dunia industri saya kira sangat bisa memanfaatkan,” ujarnya.
Selain dari segi kerjasama dan potensi ekonomi, bagi kampus kedatangan seorang Airlangga Hartarto merupakan mendapatkan keuntungan dari segi Sumber Daya Manusia (SDM).
“Apalagi pak Airlangga sebagai Menteri Bidang Perekonomian itu punya peluang yang sangat besar untuk mendorong pada posisi kerjasama,” tambahnya.
Sementara, itu Pakar Ekonomi Unhas, Prof Marzuki DEA menilai, kehadiran Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian di Fakultas Teknik Unhas, terlebih berbicara soal transformasi ekonomi Indonesia di dukung dengan IT sesuatu yang sangat tepat.
“Kuliah umum Airlangga Hertarto di Fakultas Teknik Unhas adalah sesuatu yang tepat,” ujar Marzuki DEA.
Yang paling penting, lanjut Prof Marzuki Dea, kuliah umum tersebut dapat memberikan pencerahan ke masyarakat kampus khususnya sivitas akademika Fakuktas Teknik yang memang relevan sebagai Fakultas yang menguasai aspek teknologi informasi.
“Dunia digitalisasi memang sudah merupakan faktor utama yang perlu diperhitungkan dalam setiap kebijakan ekonomi yang dilancarkan pemerintah,” pungkasnya. (andi esse)