Haeriah Rahman Pimpin Paripurna DPRD Maros, Jawaban Eksekutif Terhadap Raperda Retribusi Bangunan dan Pengelolaan Keuangan Daerah

Paripurna DPRD Maros. (Foto Ist)
menitindonesia, MAROS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maros kembali menggelar Rapat Paripurna Jawaban Eksekutif atas pemandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD terhadap dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung dan Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah, di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD Kabupaten Maros, Jumat (13/5/2022).
Rapat Paripurna tersebut, dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kabupaten, Hj Haeriah Rahman didampingi oleh Ketua DPRD Maros, HA Patarai Amir dan Wakil Ketua II, Hj Andi Fatmawati, serta Sekretatis DPRD Maros, Drs. H Eldrin Saleh Nuhung, MSi.
Hadir dalam rapat paripurna tersebut, mewakili Bupati Maros AS Chaidir Syam, yakni Sekretaris Daerah, H Andi Davied Syamsuddin serta sejumlah Kepala OPD dan Forkopimda Kabupaten Maros.
Dalam sambutannya, Hj Haeriah Rahman menyampaikan beberapa point pemandangan umum fraksi-fraksi yang telah dibacakan pada rapat sebelumnya pada Kamis (12/5), kemarin.
“Melalui pemandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD, memiliki pandangan terhadap Raperda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung, diharapkan ada data capaian dan data wajib retribusi yang memperhatikan pembayaran wajib retribusi,” kata Hj Haeriah Rahman.
Dia melanjutkan, untuk Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah, Fraksi-Fraksi DPRD berpandangan, agar pada Raperda tersebut, sistim pengelolaannya bisa dijelaskan lebih rinci, optimal dan maksimal sebagai upaya penyempurnaan.
“Yang paling penting dari kedua Raperda tersebut, harus memperhatikan tiga pilar, yaitu transparansi, akuntabel dan parsipatif,” ujarnya.
Rapat kemudian dilanjutkan dengan pembentukan Panitia Khusus dengan membacakan nama-nama perwakil dari Fraksi-Fraksi yang membahas kedua Raperda tersebut bersama pihak Pemerintah Daerah.
Dia berharap, Pansus yang dibentuk, dapat menyelesaikan pembahasan Raperda tersebut untuk mendapatkan persetujuan bersama antara Pemkab Maros dengan DPRD.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Maros, Andi Davied Syamsuddin mengatakan, pihaknya akan memperhatikan catatan dan saran dari Fraksi-Fraksi dalam pembahasan Raperda tersebut.
“Tujuan pembahasan kedua Raperda ini, untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat dan sekaligus memberikan konstribusi pendapatan asli daerah dari sektor retribusi daerah yang sudah diatur oleh Undang-Undang, Peraturan Pemerintah dan Peraturan Daerah,” tandasnya. (asrul nurdin)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini