Meriah dan Spektakuler Pelepasan Kontingan Makassar ke Porprov Sulsel

Atraksi atlet pencak silat pukau undangan. (Foto: Ist)ac
menitindonesia, MAKASSAR – Pengukuhan dan pelepasan Kontingan Makassar untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulsel ke-XVII  ke Kabupaten Sinjai dan Bulukumba dilaksanakan secara meriah dan spektakuler di Lapangan Karebosi, Minggu (16/10/2022)
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto dan Ketua DPRD Makassar, hadir mengukuhkan tim kontingen Makassar dan sekaligus melepas pemberangkatan ke Sinjai dan Bulukumba untuk bertanding di Porprov yang akan dilaksanakan di dua kabupaten tersebut pada 22-30 Oktober 2022.
IMG 20221017 WA0000 e1665976379978
Wali Kota Makassar Danny Pomanto berbaur bersama kontingen atlet Makassar. (Foto: Ist)
Upacara diawali dengan defile kontingen. Ratusan atlet dari 32 cabang olahraga (Cabor), satu per satu, berbaris memasuki lapangan karebosi, bak upacara militer. Iring-iringan atlet ini, diantar oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Makassar. Masing-masing Cabor memperkenalkan yel-yel mereka di hadapan Wali Kota dan Ketua DPRD Makassar.
Juga ditampilkan atraksi atlet dari beberapa Cabor. Mereka menunjukkan kemahirannya. Misalnya atlet pencak silat, taekwondo dan yongmodo. Sangat apik menunjukkan kemahirannya memperagakan jurus bela diri masing-masing.
Setelah atraksi atlet, dilanjutkan dengan pelepasan balon gas ke udara. Tiga atlet pemanah Makassar melepas busur panahnya ke sasaran balon gas untuk diluncurkan ke udara.
Atraksi paling spektakuler saat prosesi pelepasan balon gas ke udara. Kolaborasi atlet balap sepeda dan panahan memberi suasana pembeda dalam upacara pelepasan kontingen ini. Tiga atlet panahan Makassar melontarkan anak panah ke sasaran tempat balon gas untuk dilepaskan ke udara.
Semua hadirin dan tamu undangan pun terpukau. Danny Pomanto, menilai, acara pengukuhan dan pelepasan Kontingen Makassar yang diprakarsai KONI Makassar itu sangat kreatif dan spektakuler.
“Ini luar biasa. Krestif, spektakuler dan meriah. Bangga kami kepada KONI Makassar. Tidak mudah melakukan acara seperti ini,” kata Danny Pomanto saat ditanya wartawan media ini.
Danny juga menjelaskan, dia sangat merasa tersanjung ketika memeriksa barisan atlet sambil berdiri di atas mobil jeep willys – bak seorang panglima tertinggi berdiri di atas jeep, melihat kesiapan pasukan.
“Sangat spektakuler. Luar biasa. Ini lain dari yang lain,cara yang kreatif memompa semangat para atlet untuk sebelum mereka bertarung di medan pertandingan. Saya salut kepada Pak Ahmad Susanto, Ketua KONI kita,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua KONI Kota Makassar, Ahmad Susanto, mengatakan, upacara pengukuhan dan pelepasan Kontingen Makassar itu berkat kerjasama semua pihak.
Ahmad Susanto juga menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Makassar Danny Pomanto, Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Andi Pattiware serta para Kepala OPD yang telah menjadi bapak angkat Cabor, yang sejak awal mensupport kemajuan dunia olahraga di Kota Makassar.
“Atas nama KONI Makassar, kami juga menyampaikan terima kasih kepada Pak Wali, Pak Ketua DPRD, Pak Kadispora dan para bapak angkat cabor serta pengurus Cabor. Semuanya, telah berkonstribusi mensupport suksesnya cara ini. Terima kasih!” ujarnya.
Ahmad Susanto berharap doa dari segenap warga Makassar agar tim Makassar menjadi juara umum di Porprov Sulsel nanti. “Sekarang kita mohon doa dari seluruh warga agar apa yang kita targetkan untuk mencapai prestasi olahraga di Porprov bisa terwujud,” ucapnya. (andi esse)