Demokrat Sulsel Sukses Gelar Muscab Serentak, Ketua OKK Muhammad Aslan: Calon Terpilih Ditetuntukan Oleh Tim 5

Pembukaan Muscab serentak Partai Demokrat Sulsel. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Musyawarah Cabang (Muscab) Partai Demokrat yang digelar secara serentak se Sulawesi Selatan, telah usai dilaksanakan di Hotel Claro, Makassar, Sabtu (5/11/2022).
Ketua Badan Daerah Pembina Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BDPOKK) DPD Demokrat Sulsel, Muhammad Aslan, mengatakan, Muscab secara serentak yang diikuti sebanyak 36 calon dari seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat se Sulawesi Selatan telah selesai dilaksanakan pada Jumat (4/11) malam.
“Muscab berlangsung aman dan tertib. Kompetisi antara kandidat tidak menimbulkan gesekan berarti. Muscab ini hanya menetapkan calon, selanjutnya penentuan ketua DPC terpilih dilakukan oleh Tim 5,” kata Muhammad Aslan saat ditemui jurnalis media ini.
Adapun anggota Tim 5, lanjut Aslan, terdiri dari Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sekjen, Teuku Riefky Harsyah, BPOKK DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron, Ketua Demokrat Sulsel Ni’matullah dan Sekretaris DPD, Haidar Majid.
“Sebelum tim 5 menetapkan Ketua terpilih, terlebih dahulu akan dilakukan fit and proper test terhadap semua calon yang ditetapkan pada Muscab,” ujarnya.
Untuk jadwal fit and proper test, kata Aslan, pihaknya masih menunggu jadwal dari DPP, karena harus disesuaikan dengan jadwal Ketum, AHY.
“Jadwalnya masih nunggu jadwal ketum (AHY). Tapi tidak akan lama, karena DPC harus segera melakukan persiapan mengikuti tahapan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2024,” ungkapnya
Sementara itu, secara terpisah, Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel, Ni’matullah Rahim Bone, menyampaikan terima kasih kepada 24 Ketua DPC se Sulawesi Selatan yang telah dinyatakan demisioner.
Ulla, begitu biasa Ni’matullah disapa, merasa bangga dengan kader-kadernya karena mengikuti mekanisme yang ada di Partai Demokrat, sehingga pelaksanaan Muscab secara serentak ini, bisa berjalan lancar dan tertib.
“Kalau dilaksanakan sesuai mekanisme yang ada dalam aturan partai, pasti berjalan lancar dan tertib. Kami menyampaikan terima kasih kepada semua ketua DPC yang sudah dinyatakan demisioner, kita tunggu proses selanjutnya melalui Tim 5 sesuai AD ART partai,” katanya.
Wakil ketua DPRD Sulsel itu, juga berharap, proses penentuan calon terpilih oleh Tim 5 bisa dilaksanakan secapatnya. Menurutnya, agenda politik yang mendesak dilakukan saat ini adalah persiapan Pileg dan Pilpres 2024 mendatang.
“Kami akan instruksikan seluruh kader turun langsung ke masyarakat, menyerap aspirasi dan memperjuangkan keinginan rakyat, sekaligus meyakinkan rakyat bahwa Partai Demokrat akan mewujudkan agenda perubahan dan perbaikan,” ujarnya.
Adapun nama-nama calon ketua DPC yang ditetapkan dalam Muscab serentak, yakni:
  1. Bulukumba: Murniati Makking, Sabri, dan A Bazo Zulkarnain Jalal.
  2. Takalar: Rusdi Marwah, Husniah Rachman, dan Sindawa Tarang.
  3. Gowa: Rismawati Kadir Nyampa dan Zulkifli Tiro.
  4. Parepare: Taqyuddin DJabbar dan Rahmat Sjamsu Alam.
  5. Soppeng: Candra dan Hairuddin Tahang.
  6. Pinrang: Muhtadin dan Jaya Tahir.
  7. Polopo: Muh Dhevy Bijak dan Irvan.
  8. Barru: A Ardiatma dan A Ridha Ade Irawan.
  9. Pangkep: Hasdam dan Irwan Nursaid.
  10. Bantaeng: Herlina Aris dan Muslim Ansar.
  11. Toraja Utara: Marthen Rante Tondok.
  12. Enrekang: Hairul P Kulle.
  13. Luwu Utara: Tryono Kusnan.
  14. Luwu Timur: Abdul Fattah.
  15. Bone: Rustan Sello.
  16. Tana Toraja: John Diplomasi.
  17. Luwu: Syukur Bijak.
  18. Maros: Shabir
  19. Selayar: Andi Mahmud.
  20. Wajo: Andi Saenurdin.
  21. Sidrap: Habibi.
  22. Sinjai: Heriwawan.
  23. Makassar: Adi Rasyid Ali.
  24. Jeneponto: Mulyadi Mustamu.
    (tim)