Jelang Tahun Baru, Cak Imin Minta Pemerintah Jaga Stabilisasi Harga dan Pasokan Pangan

menitindonesia, JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar mengingatkan pemerintah agar menjaga rantai pasokan kebutuhan pangan saat libur akhir tahun. Menurutnya, konsumsi masyarakat pada momen pergantian tahun baru biasanya selalu meningkat tajam.
Pria yang akrab dipanggil Cak Imin itu tidak mau harga kebutuhan pokok justru naik tidak terkontrol dengan dalih hukum ekonomi, dimana semakin tinggi jumlah permintaan akan membuat harga produk menjadi semakin mahal.
“Hal yang seperti inilah yang perlu untuk diantisipasi oleh pemerintah,” jelas Cak Imin kepada wartawan, Minggu (25/12/2022).
Cak Imin melanjutkan, kebiasaan orang Indonesia setiap tahun baru selalu dirayakan dengan berkumpul dan makan-makan bahkan membuat hiburan. Momen inilah yang membuat kebutuhan pangan akan meningkat tajam seperti kebutuhan beras, ikan atau ayam, telur dan buah.
Selain dikonsumsi kelompok kecil, pelaku usaha ultra mikro kuliner juga memerlukan pasokan bahan baku yang cukup banyak. Hal ini hampir merata di setiap daerah di seluruh Indonesia khususnya tepat saat malam pergantian tahun.
Lebih lanjut, Cak Imin meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) agar memantau langsung sejak sekarang ke pasar tradisional untuk mengetahui kondisi harga dan rantai pasok pangan di masyarakat.
“Jangan sampai kebahagiaan masyarakat yang merayakan tahun baru terganggu karena pemerintah lalai mengontrol harga dan menjaga rantai pasokan pangan,” pungkas Ketua Umum PKB itu. (*)