Apresiasi 2 Tahun Kepemimpinan Chaidir-Tina, Ketua DPRD Maros: Banyak Yang Dicapai, Tapi Masih Ada Yang Mesti Digenjot

Patarai Amir, Suhartina dan Chaidir Syam saat jalan santai dua tahun Hati Kita Keren. (ist)
menitindonesia, MAROS – Ketua DPRD Kabupaten Maros, HA Patarai Amir, memberikan apresiasi terhadap kepemimpinan Bupati Maros AS Chaidir Syam dan Wakil Bupati (Wabup), Hj Suhartina Bohari, selama dua tahun masa jabatannya. Menurutnya, Chaidir-Tina–yang dikenal dengan tagline “Hati Kita Keren” pada saat Pilkada 2020–lalu, telah melakukan banyak terobosan untuk memajukan Kabupaten Maros.
“Kami mengapresiasi peringatan 2 tahun ‘Hati Kita Keren’ yang diperingati setelah kita lepas dari Pandemi Covid-19, sebagai upaya untuk membangkitkan semangat dan kebersamaan semua elemen masyarakat Maros dan pemerintah daerah untuk menuntaskan agenda pembangunan,” kata Patarai Amir melalui keterangannya kepada jurnalis media ini, Minggu (26/2/2027).
Visi dan misi “Hati Kita Keren”–tagline Chaidir-Tina–untuk mewujudkan “Maros Sejahtera, Religius dan Berdaya Saing”, kata dia, sudah ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Maros Nomor 6 tahun 2021 tentang RPJMD Kabupaten Maros 2021-2026.
“Banyak yang sudah dicapai, khususnya dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya birokrasi dalam memberikan pelayanan kepada publik. Sudah ada mall pelayanan yang sangat membantu masyarakat yang ingin mendapatkan layanan pemerintah. Ini capaian yang sangat menonjol,” ujarnya.
Patarai Amir juga menerangkan, bahwa Chaidir dan Tina dilantik sebagai Bupati dan Wabup di masa Pandemi Covid. Pada saat memulai memimpin Maros, ujar dia, pasangan “Hati Kita Keren” itu berhadapan dengan situasi krisis akibat wabah Covid-19 yang membuat sektor ekonomi lumpuh akibat kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat.
“Pandemi bisa dilalui dengan mengeliminir korban yang terpapar, dan kami hargai upaya sungguh-sungguh Pak Chaidir dan Ibu Tina menyelematkan warganya dari wabah sambil membangun kembali sektor ekonomi yang sempat down,” terangnya.
Namun, Legislator Maros tiga periode ini, juga mengingatkan, agar ke depan, Chaidir dan Tina segera menuntaskan pembangunan infrastruktur yang sempat tertinggal, karena pemerintahan–lebih setahun lamanya–fokus pada penyelesaian pandemi.
“Setelah dua tahun, sisah waktu ke depan, disarankan agar lebih fokus pada pembangunan infrastrukur ekonomi khususnya pemerataan wilayah, memperbaiki semua drainase, kanal, got, dan membuat penerangan di semua desa agar tidak ada lagi daerah yang gelap kalau malam,” ucap Patarai Amir.
IMG 20230226 WA0002 e1677399528322
Camat Moncongloe, Maros – Herwan Patoddangi. (Ist)
Senada, Camat Moncongloe, Herwan Patoddangi, juga menyampaikan apresiasinyanya. Menurut dia, dua tahun kepemimpinan “Hati Kita Keren” yang diawali pada tahun 2021, patut diapresiasi karena berhasil mengantar Maros keluar dari Pandemi Covid-19, terutama kecepatan menggerakkan sektor ekonomi yang nyaris lumpuh total.
“Kepiawian Pak Bupati memimpin berhasil membawa Maros keluar dari suasana Pandemi dengan cepat. Terutama berhasil menggerakkan kembali sektor ekonomi dengan mendorong sektor pariwisata, sehingga investor kembali melirik Maros,” ujar Herwan saat ditemui di Warkop Keren, Batangase, maros.
Pertumbuhan ekonomi Maros saat ini, lanjut dia, bangkit cepat dari titik minus sehingga pembangunan kembali bangkit.
Untuk ke depan, kata Herwan, ia berharap agar selain menggenjot pembangunan infrastruktur, juga Pemda memperhatikan aspek pembungunan di bidang lingkungan hidup dan membangun ketahanan saat terjadi bencana. (asrul nurdin)