Pacu Kualitas, KONI Makassar Genjot Wasit Catur Berlisensi Nasional

menitindonesia, MAKASSAR — KONI Kota Makassar bukan hanya fokus pada pembinaan atlet semata.
Namun, Ahmad Susanto bersama jajaran pengurus KONI Kota Makassar juga terus mendorong penguatan sumber daya wasit di semua cabang olahraga. Termasuk di cabor catur.
KONI Makassar terus mendorong wasit catur Makassar bisa memiliki lisensi atau berstandar nasional.
Akhir Maret lalu, KONI Makassar memfasilitasi Sekretaris Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Makassar, Syaiful Akbar untuk mengikuti pelatihan wasit catur nasional di Jakarta.
Pelatihan yang digelar PB Percasi ini diikuti 104 peserta calon wasit dari seluruh Indonesia.
“KONI Makassar mendorong pengembangan kualitas SDM olahraga termasuk di sektor perwasitan dan pelatih. Wasit di setiap cabor kami dorong agar menjadi wasit berlisensi nasional,” kata Ahmad Susanto.
Syaiful Akbar mengapresiasi dukungan KONI Makassar dalam mendorong lahirnya wasit catur berlisensi. Ia mengakui stok wasit nasional catur di Makassar sangat memprihatinkan.
“Saat ini cuma ada satu wasit yang aktif. Jadi kondisinya cukup memprihatinkan. Alhamdulillah KONI Makassar memfasilitasi mengikutkan pelatihan di Jakarta sehingga jumlahnya bertambah,” kata Syaiful.
Syaiful mengatakan pelatihan yang diikutinya berlangsung selama tujuh hari, 13-20 Maret 2023. Pelatihan berlangsung di JC Expo Kemayoran, Jakarta. Pada pelatihan itu, Syaiful dipercaya sebagai ketua kelas pelatihan wasit nasional angkatan tahun 2023.
Seluruh peserta pelatihan wasit juga diikutkan menjadi wasit magang pada kejurnas catur yang digelar bersamaan dengan pelatihan catur nasional.
“Alhmadulillah dinyatakan lulus dan memiliki sertifikat untuk memimpin pertandingan catur,” kata Syaiful lagi. (*)