Jelang Lomba Kelurahan, Indira Yusuf Ismail Sidak Maccini Sombala

menitindonesia, MAKASSAR — Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail kembali memantau kesiapan Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate jelang penilaian lomba Lomba Kelurahan Terpadu Tingkat Sulawesi Selatan tahun 2023, Senin (29/5/2023).
Dalam pemantauannya kali ini, Indira yang didampingi Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Harun Rani dan Camat Tamalate Emil Yudianto mengecek langsung sejumlah titik. Mulai dari taman PKK, rumah sehat, hingga kebersihan lingkungan dan drainase.
Indira menyebut, taman PKK yang berada tak jauh dari kantor kelurahan sudah cukup baik. Taman tersebut ditanami sejumlah tanaman seperti mangga arum manis, sawo, kangkung, bayam merah, hingga padi dalam pot.
Bahkan, juga ada kolam aquaponik yang berisi 500 benih ikan lele serta tanaman selada di sisinya. “Tamannya sudah cukup bagus, hanya perlu dirapikan sedikit agar tidak terlalu berdebu,” ungkap Indira.
Usai mengecek taman PKK, Indira lantas memasuki kawasan pemukiman dan memeriksa langsung tiga rumah yang ditunjuk menjadi rumah sehat di lingkungan tersebut.
Dia memastikan rumah sehat itu memiliki akses air minum yang baik, jamban yang sehat, ventilasi dan pencahayaan memadai, hingga makanan yang dikonsumsi penghuni rumah memenuhi standar dan kriteria empat sehat lima sempurna.
Indira juga meminta agar seluruh masyarakat turut andil dan berpartisipasi untuk tetap menjaga kebersihan, keamanan, kenyamanan dan ketentraman wilayahnya.
Rencananya, tim penilai Lomba Kelurahan Terpadu Tingkat Sulawesi Selatan akan melakukan penilaian dalam waktu dekat ini.
Adapun sejumlah indikator yang menjadi penilaian antara lain menyangkut pendidikan masyarakat, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban masyarakat, pemerintah kelurahan, lembaga masyarakat, serta partisipasi masyarakat.(*)