Pusatkan di Bulukumba, Pemprov Uji Coba Alih Teknologi dan Penyerahan Arsinum

menitindonesia, BULUKUMBA — Kepala Dinas Perkimtan Provinsi Sulsel, Andi Bakti Haruni, melaksanakan kunjungan kerja monev pelaksanaan legiatan penyediaan Air Siap Minum (Arsinum) di Wilayah Pesisir Lingkungan Gusunge, Kelurahan Kalumeme, Kecamatan Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba, Kamis (22/6/2023).
Lawatan ini sekaligus melaksanakan kegiatan alih teknologi, uji coba Arsinum dan penyerahan Arsinum ke kelompok masyarakat untuk dimanfaatkan dan dikelola oleh kelompok masyarakat di kawasan pesisir tersebut.
Kadis Perkimtan Provinsi Sulsel menjelaskan bahwa Arsinum merupakan program prioritas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, untuk memenuhi kebutuhan air minum masyarakat di wilayah pesisir dan kepulauan di provinsi Sulsel.
Oleh karena itu, diharapkan masyarakat untuk menjaga dan memelihara keberlangsungan dan keberlanjutan pengelolaan Arsinum.
Dalam kegiatan itu, Narasumber utama adalah Agus Rifai, Koordinator Arsinum BRIN menjelaskan proses flow diagram Teknologi Sea Water Osmosis (SWRO) Arsinum yang telah memenuhi standar baku mutu air minum layak dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.
Dalam kegiatan itu, Kadis Perkimtan Provinsi Sulsel didampingi Kabid PSUS, Ishak Amin Rusly, dan Tim Teknis Disperkimtan Provinsi Sulsel. (*)