Kemendagri Pilih Tanjung Bira Bulukumba Jadi Pusat Pencanangan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih

menitindonesia, BULUKUMBA – Kabar gembira tengah menyelimuti Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan.
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memilih Tanjung Bira, Bulukumba, sebagai lokasi pusat Pencanangan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih.
Kepastian itu diperoleh setelah, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia melabuhkan pilihan ke Tanjung Bira, Bulukumba.
Gelaran ini merupakan bagian dalam menyemarakkan HUT RI ke-78 di seluruh Indonesia.
Puncak gelaran Pencanangan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih ini dijadwalkan pada Sabtu (12/8/2023).
Dijadwalkan, kegiatan ini akan dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian.
Dirjen Polpum Kemendagri, Dr. Bahtiar mengungkapkan beberapa hal, seperti acara puncak Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023 direncanakan diikuti oleh 50.000 peserta terdiri dari: Kementerian/Lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Juga dari Kedutaan/Konsulat Jenderal/Atase Perdagangan, Sekda Provinsi dan perangkat Daerah Provinsi seluruh Indonesia, Bupati/Wali Kota dan Perangkat Daerah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) seluruh Indonesia, Asosiasi Perhotelan seluruh Indonesia, ormas/NGO, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM);
Bukan hanya itu, gelaran ini juga akan dirangkaikan dengan kegiatan Forum Dialog Ketahanan Ekonomi, Budaya dan Investasi di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba yang akan menghadirkan narasumber terdiri dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Investasi/BKPM, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian PUPR dan Budayawan, pada Jumat (11/8/2023).
Dirjen Bahtiar bahkan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berbondong-bondong hadir pada gelaran ini. (*)