Pemkab Maros Bagikan 14 Ribu Seragam SD dan SMP, Bupati Chaidir: Komitmen Pendidikan Gratis

Bupati Maros, AS Chaidir Syam menyalurkan bantuan seragam sekolah gratis bagi siswa SD dan SMP, di Tribun Utama Lapangan Pallantikang Maros, Senin (17/7/2023).
menitindonesia, MAROS — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros menunjukkan kepedulian terhadap dunia pendidikan.
Hal itu dibuktikan dengan kembali menyalurkan bantuan seragam sekolah gratis bagi siswa tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).
Sebanyak 14 ribu pasang seragam dibagikan tepat pada tahun ajaran baru 2023/2024 sebagai upaya memajukan pendidikan di Kabupaten Maros.
Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada masing-masing perwakilan siswa SD dan SMP di Tribun Utama Lapangan Pallantikang Maros, Senin (17/7/2023).
Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maros, Andi Patiroi Amir menjelaskan, pembagian seragam tahun ini ada tambahan.
Tahun lalu hanya ada seragam putih saja, tahun ini seragam pramuka ikut dibagikan.
“Kurang lebih ada 14 ribuan pasang seragam. Semoga bisa membantu para orang tua murid,” jelasnya.
Untuk tingkatan SD, seragam dibagikan kepada 244 sekolah negeri dan swasta. Dengan Dana Alokasi Umum (DAU) yang digelontorkan sebanyak Rp1.491.109.000.
“8 ribu pasang untuk tingkat SD kelas II. Kita siapkan kualitas seragam yang paling bagus, harga perseragam juga bervariasi sesuai ukurannya, antara Rp150 ribu sampai Rp192 ribu,” bebernya.

Sedangkat untuk tingkatan SMP, dibagikan kepada 116 sekolah negeri dan swasta. Dengan DAU yang digelontorkan sebanyak Rp1.245.928.000 untuk baju putih biru dan Rp1.293.130.000 untuk baju pramuka.

“6.726 pasang seragam SMP kelas VIII, sebab data untuk kelas I dan VII belum ada, tahun lalu pun begitu. Sama dengan SD, kualitas seragam kita jaga, harga perseragam Rp156 ribu sampai Rp194 ribu,” tambahnya.
Sementara itu, Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengatakan, bantuan seragam tersebut merupakan komitmen dalam memberikan pendidikan gratis pada tingkatan SD dan SMP.
“Kualitas seragam yang kita beri merupakan kualitas terbaik. Semoga bisa jadi penyemangat untuk anak-anak kita dalam belajar di sekolah,” katanya. (Asrul Nurdin)