Jembatan Monumental Dibangun Gubernur Andi Sudirman di Soppeng, Begini Penampakannya

Jembatan Pacongkang yang berada di Kabupaten Soppeng adalah proyek monumental yang dibangun Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.
menitindonesia, SOPPENG – Jembatan Pacongkang yang berada di Kabupaten Soppeng adalah proyek monumental yang dibangun Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, pembangunan dilakukan dalam tiga tahap menggunakan rangka baja pelengkung terpanjang di Sulawesi Selatan.
Panjang bentangan pada bagian tengah 128 meter, bentang kiri kanan masing-masing 25 meter. atau total bentang sepanjang 180 meter, dan lebar 7 meter, beserta dukungan trotoar kiri dan kanan masing-masing 1 meter.
Semula Jembatan Pacongkang ini merupakan jembatan gantung kayu yang sudah dibangun sejak 30 tahun lalu atau tepatnya pada tahun 1993, sehingga tidak aman lagi digunakan masyarakat.
Bupati Soppeng Kaswadi Razak memuji pembangunan jembatan monumental oleh Gubernur Andi Sudirman Sulaiman ini hal itu dikemukakan disela – sela peresmian Jembatan Pacongkang, Rabu (23/8/2023).
“Jembatan Pacongkang ini merupakan bentuk perhatian Gubernur Andi Sudirman Sulaiman terhadap masyarakat Soppeng, sehingga sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih kami pun menamakannya Jembataan Andalan”, Kata Kaswadi Razak disambut tepuk tangan para undangan.
Menurut Kaswadi, pembangunan Jembatan Andalan ini tidaklah mudah butuh pencermatan yang matang sebab inilah jembatan yang menggunakan rangka baja terpanjang di Sulawesi Selatan sehingga seluruh stakeholder dilibatkan termasuk Pemerintah Kabupaten Soppeng.
Senada dengan Bupati Kaswadi, Kepala Desa Rompi Gading, Kecamatan Liliriaja, Sakmawati Rahman juga mengapresiasi Jembatan Pacongkang yang merupakan jembatan monumental yang dibangun oleh Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.
“Alhamdulillah, sangat bersyukur senang dan bahagia jembatan pacongkang ini telah rampung dan terlihat sangat cantik serta memudahkan akses transportasi yang dulunya sangat memperhatinkan, tentunya kami sangat berterima kasih pada Gubernur Andi Sudirman”, paparnya.
Diketahui pembangunan Jembatan Pacongkang ini sepenuhnya bersumber dari APBD Sulawesi Selatan sebesar Rp 75 Miliar yang dilengkapi dengan alat peredam gempa disebut Lead Rubber Bearing (LRB). Turut hadir dalam peresmian Anggota DPR RI Muhammad Aras, Anggota DPRD Sulsel Andi Ansari Mangkona, dan Forkopimda sejajaran Pemerintah Kabupaten Soppeng. (*)