Hadiri Rakernas Dekranas di Sekretariat Wakil Presiden, Ini Oleh-oleh Sofha Marwah Bahtiar

Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Sofha Marwah Bahtiar, menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas Tahun 2023, di Sekretariat Wakil Presiden Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023).
menitindonesia, JAKARTA — Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Sofha Marwah Bahtiar, menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas Tahun 2023, di Sekretariat Wakil Presiden Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023).
Rapat Kerja Nasional Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tahun 2023 ini mengusung tema Kriya Unggul, Indonesia Maju.
Rakernas ini dihadiri istri Wakil Presiden RI Hj Wury Ma’ruf Amin selaku Ketua Umum Dekranas. Hadir juga para pengurus Dekranas atau para istri Menteri Kabinet Indonesia Maju, dan Ketua Dekranasda Provinsi Seluruh Indonesia.
Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Provinsi Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, mengatakan, Sulsel memiliki sejumlah produk kerajinan unggulan. Salah satunya, tenun.
“Produk Sulsel sudah bagus, ada tiga tenun yang memang terkenal, yakni Sengkang, Toraja, Bulukumba, itu memang suatu ciri khas masing-masing. Tetapi justru dengan ciri khas itu, kita bisa memodifikasi barang-barang yang tadinya tidak layak menjadi layak,” ungkap Sofha.
Untuk mengembangkan produk kerajinan itu, kata Sofha, penting menjalin kerjasama untuk upgrade sesuai perkembangan zaman. Termasuk dalam pemasaran, bisa melalui via online, khususnya pada sosial media kekinian.
“Sekarang anak-anak remaja itu, mainannya di sosial media. Itu bisa meningkatkan penjualan kita. Tetapi menurut saya, untuk barang-barang yang memang berkualitas itu sebenarnya harus ditingkatkan kembali. Lebih dimodifikasi lagi, supaya sesuai dengan trend yang ada,” jelasnya.
Rabu (13/9/2023), dilakukan pembukaan Pameran Kriyanusa 2023 dan Peragaan Busana (fashion show) para ketua Dekranasda Seluruh Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC).
“Saya beharap produk kita laku keras di Kriya Nusa, biar ekonomi kita juga baik dan stand ramai. Barang habis dan itu pasti senang kita sebagai penjual. Ibu-ibu lebih berkreativitas lagi, modifikasi lagi, mungkin akan ramai kembali, dan saya yakin ini akan ramai,” tuturnya.
Sementara itu, dalam sambutannya, Ibu Wakil Presiden Hj. Wury Ma’ruf Amin berharap Rakernas ini dapat menyatukan pemahaman, langkah dan tindakan agar program Dekranas dapat dilaksanakan lebih baik lagi di tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang.
“Semoga kita juga selalu diberikan kekuatan dan kesehatan untuk terus membangun Negeri ini dengan melestarikan serta mengembangkan produk kerajinan berbasis sumber daya alam, tradisi dan warisan budaya Indonesia yang sama-sama kita banggakan,” ujar Hj Wury Ma’ruf Amin.
Wury mengapresiasi penyelenggaraan Rakernas Dekranasda 2023 ini dan berharap hasil rakernas dapat memberikan manfaat, khususnya bagi para perajin.
“Semoga dapat memberikan hasil yang bermanfaat bagi pengembangan industri kerajinan Indonesia serta dapat meningkatkan kesejahteraan para pengrajin yang terlibat di dalamnya,” kata Wury. (*)