Terima Kunjungan Studi banding dari Gorontola, Bapenda Makassar Harap Sama-Sama Bisa Capai Target PAD

FOTO: Penerimaaan kunjungan Studi banding dari Gorontali di Bapenda Makassar.
menitindonesia, MAKASSAR – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar menerima kunjungan kerja Badan Keuangan Pemerintah Kota Gorontalo, di Ruang Kepala Bidang Koordinasi, Pengawasan dan Perencanaan, Senin (13/11/2023).
Kunjungan ini bertujuan untuk membahas optimalisasi dan pengawasan pajak daerah. Pajak yang banyak menyumbang untuk PAD Kota Makassar adalah BPHTB dan PBB-P2 serta retribusi lainnya penyumpang PAD, seperti parkir.
Kasubag Koordinasi, Perencanaan dan Regulasi Bapenda Makassar, Ansar, mengatakan bahwa pihaknya selama ini melakukan peningkatan pengawasan terhadap objek pajak sesuai dengan peraturan perundang-undangan dalam upaya meningkatkan jumlah wajib pajak dan retribusi daerah.
Ansar juga menjelaskan, Pemkot Makassar telah melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi pajak dan retribusi daerah melalui penerapan sistem digitalisasi dalam penerimaan pajak dan retribusi daerah demi tercapainya PAD 2 triliun.
Ia berharap studi banding ini, bisa menghasilkan pencapaian target PAD di daerah masing-masing. “Apa yang didapat dari studi banding ini, bisa sama-sama memberikan motivasi untuk lebih giat lagi mendorong pencapaian PAD di daerah masing-masing,” pungkasnya. (*)