Tahfids Dapat Gerindra, Maros Unggul Amankan PKS, Hanura Condong Ke Hati Kita

Calon Bupati Maros: Chaidir, Harmil, Tajerimin. (Foto: Ilustrasi Menit)

Pilkada Maros 2020 Tiga pasang bakal calon Bupati Maros sudah mencukupkan koalisi partai pengusungnya, minimal 7 kursi di DPRD. Fix tiga calon bertarung: Tahfids, Maros Unggul dan Hati Kita Keren.

menitindonesia.com, MAROS – Setelah nyaris lepas dari pasangan Harmil-lIlham, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhirnya mencukupkan koalisi Nasdem mengusung  Andi Harmil Matotorang – Andi Ilham Nadjamuddin sebagai calon bupati dan wakil bupati Maros 2020.

Pasangan yang menggunakan tagline Maros Unggul itu, kini sudah memiliki 7 kursi dari Koalisi Nasdem yang mengontrol 5 kursi dan PKS yang memiliki 2 kursi.  Harmil-Ilham dipastikan memenuhi syarat mendaftar di KPU, yang mensyaratkan minimal memiliki 7 kursi DPRD.

Rekomendasi PKS model B1 KWK telah diserahkan kepada Harmil-Ilham, Jumat (28/8) kemarin. Penyerahan dilakukan oleh Ketua DPW PKS Sulawesi Selatan Surya Dharma di kantor PKS Sulsel, Jalan Ir. Sutami, Makassar.

Usai penyerahan rekomendasi B1 KWK kepada Harmil Matotorang dan Ilham Nadjamuddin, Ketua DPC PKS Kabupaten Maros, Kartomas langsung mengunggah rekomendasi tersebut di Group WhatsApp Pilkada Maros 2020. Kartomas bilang, koalisi Nasdem-PKS di Maros sudah fix bersama Maros Unggul.

Kartomas juga langsung mengkonsolidasi partainya dan mengetatkan sosialisasi pasangan calon usungannya. Dia bilang, sejak awal PKS bersama Maros Unggul karena meyakini hasil survei Nurani Strategic  yang menempatkan pasangan Harmil-Ilham pada ektabilitas tertinggi dari pasangan calon lainnya.

“Tim kami sudah sampai di desa-desa dan dusun, bahkan tim PKS dan relawan yang ada sudah berbasis TPS. Itu juga indikator yang membuat hasil survei Harmil-Ilham unggul dari paslon lainnya,” ujar Kartomas percaya diri.

Sementara itu, Pasangan Tajerimin-Havid juga telah memastikan Partai Gerindra – mengontrol 3 kursi di DPRD itu – bergabung dengan koalisi Golkar, PKB dan Demokrat. Koalisi pasangan yang memakai tagline Tahfids itu, kini sudah mengumpulkan 15 kursi.

Tahfids berhasil mendapatkan rekomendasi Partai Gerindra model B1 KWK yang diserahkan langsung oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Eddy Prabowo, Sabtu (29/8) di Hotel Claro, Makassar, kemarin.

Ketua DPC Partai Gerindra Maros, Muhammad Yusuf Damang setelah mengetahui  partainya resmi mengusung Tahfids, bilang akan segera merapat ke Tajerimin-Havid, dan segera membentuk tim pemenangan Partai Gerindra untuk Tahfids. Dia juga menghimbau kader Gerindra merapat ke Tahfids.

Setelah semua parpol memastikan usungan jelang tahapan pendaftaran calon, Partai Hanura Maros – yang mengontrol 4 kursi itu – belum memutuskan. “Kami masih menunggu petunjuk dari Tim Pemenangan Pemilu dari Pusat. Belum ada rekomendasi hingga hari ini,” ujar Ketua Hanura Maros, H.Rusli Rasyid.

Pasangan Chaidir Syam – Suhartina Bohari yang memakai tagline Hati Kita Keren itu, berharap Hanura bergabung, memperkuat koalisi PAN, PPP dan PBB. Sekalipun sudah mengantongi 9 kursi, Hj. Suhartina yakin Partai Hanura akan bergabung ke Hati Kita.

Alasan Suhartina bisa menarik Hanura, karena Hanura mempertimbangkan hasil survei dan mempelajari siapa bakal calon yang memiliki potensi kemenangan di Pilkada Maros 2020.

“Insya Allah, Hanura fix gabung dengan Hati Kita, karena mereka melihat potensi kemenangan,” ujar mantan Anggota DPRD Maros dua periode itu.

Diketahui, sisah 4 kursi yang dimiliki Hanura, tidak lagi bisa membangun koalisi baru kecuali bergabung ke koalisi parpol yang sudah ada. Jika tidak memutuskan hingga memasuki tahapan pendaftaran, dipastikan Hanura akan jadi ‘layang-layang putus’. (muh “ito” rifai)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini