Survei SMRC, Danny-Fatma Makin Tak Terkejar

Presentasi hasil survei oleh SMRC, di Hotel Aryaduta. Pasangan Danny-Fatma yang top. (Foto: Esse/Ist)
Danny-Fatma Top – Saiful Mujani Research And Consulting (SMRC), melalui video zoom, memaparkan hasil surveinya. Pasangan Danny-Fatma, masih berada pada posisi top survey. Jika tidak ada kejadian luar biasa, sulit melewati survei Danny-Fatma, 
menitindonesia, MAKASSAR – Pasangan calon walikota dan wakil walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma) boleh merasa lega dan lebih percaya diri lagi. Sesuai release survei SMRC terbaru di Hotel Aryaduta, Rabu (21/10/2020), pasangan nomor urut 1 itu, menempati posisi puncak.
Dari empat pasangan calon, Danny-Fatma memiliki tingkat elektabilitas 41,9%, Munafri Arifuddin-Rahman Bando (Appi-Rahman) 17,8%, Syamsul Rizal-Fadli Ananda (Dilan) 16,6%, dan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun NH (Imun) 6,8%. Tidak menjawab atau tidak tahu, tercatat 16,9%.
Saat ini, menurut Saiful Mujani,  sekitar 87% warga Kota Makassar tahu atau pernah dengar akan diadakan pemilihan langsung di bulan Desember 2020 nanti. Kecenderungan pilihan masyarakat Makassar, direkam dalam survei SMRC, setidaknya bila Pilkada dilakukan pada periode survei.
Populasi survei SMRC adalah seluruh warga negara Indonesia di Kota Makassar yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.
Jumlah sampel sebanyak 410 orang yang dilakukan pada 21-25 September. Sampel dipilih dengan metode multistage random sampling dengan jumlah proporsional. Toleransi kesalahan (margin of error) survei diperkirakan plus minus 5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.
“Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti,” kata Deni Irfani, Direktur Riset SRMC dalam presentasinya via zoom di Hotel Aryaduta Makassar, Rabu (21/10/2020).
Selain elektabilitas berpasangan, survei lembaga kredibel ini juga memotret tingkat pengenalan dan kesukaan masing-masing kandidat. Popularitas Danny 89% dan tingkat kesukaannya 85%. Disusul Ical 83% untuk popularitas, dan kesukaan 81%. Popularitas Appi 81% dan kesukaan 72%. None 72% untuk popularitas dan 63% tingkat kesukaan.
Sementara di posisi calon wakil walikota, Fatma sangat mencolok. Popularitasnya memang masih di angka 37%, tapi tingkat kesukaannya mencapai 72%. Disusul Fadli Ananda 28% (popularitas) dan 56% kesukaan.
Di posisi ketiga ditempati Rahman Bando. Popularitasnya 27%, dan kesukaannya 61%. Andi Zunnun 11% popularitas dan 29% kesukaan. (andiesse)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini