IDI Puji Program Kesehatan HatiKita Keren

dr Halik Malik, beri apresiasi program layanan kesehatan Chaidir Syam-Suhartina Bohari. (TimHatiKita)
Siapkan beasiswa kedokteran – Program kesehatan Maros Keren dinilai realistis. Bahkan, program beasiswa untuk mahasiswa yang memiliki prestasi akademik untuk menjadi seorang dokter. “Maros Hati Kita Keren program kesehatannya juga keren,” kata dr. Halik Malik 
menitindonesia, MAROS – Program kesehatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 2, Chaidir Syam-Suhartina Bohari mendapat respon positif dari kalangan dokter. Salah satunya, Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang juga merupakan putra Maros, dr Halik Malik.
Seperti yang terlihat dalam sebuah wawancara live di facebook, Halik mengapresiasi program Maros keren seperti jaminan kesehatan bagi seluruh warga Maros utamanya yang tidak mampu dan pelayanan kesehatan dari rumah ke rumah.
Saat ini, kata dia, baru ada sekitar 70an persen warga Maros yang tercover dalam jaminan kesehatan, selebihnya itulah yang akan menjadi tanggung jawab dari Pemda Maros. Ke depannya, ia berharap program Maros Keren bisa mengalokasi anggaran untuk itu.
“Saya pribadi sangat mengapresiasi program yang ditawarkan oleh Pak Chaidir dan ibu Suhartina ini, utamanya dalam bidang kesehatan. Jadi memang kedepannya Pemdalah yang harus mengalokasikan anggaran untuk mencover jaminan kesehatan bagi warga yang tidak mampu,” katanya, Selasa (27/10/2020).
Terkait pelayanan kesehatan, Halik menyebut program pelayanan kesehatan dari rumah ke rumah merupakan sebuah inovasi yang menurutnya tidak terlalu sulit untuk direalisasikan selama sarana pendukungnya bisa dibenahi, seperti optimalisasi Puskesmas Pembantu (Pustu).
“Pelayanan kesehatan sampai kepelosok ini juga menjadi tantangan kedepan. Tapi itu tidak sulit jika memang sarana pendukungnya dibenahi, seperti optimalisasi Pustu dan penambahan Tenaga medis. Jika perlu, pemanfaatan teknologi juga sudah harus dilakukan,” lanjutnya.
Halik juga mengapresiasi niat baik Hati Kita Keren yang akan memberikan beasiswa bagi anak-anak muda Maros yang memiliki prestasi akademik untuk menjadi seorang dokter. Menurutnya, itu sebuah investasi kesehatan jangka Panjang yang tidak bisa dirasakan dalam 1 sampai 5 tahun.
“Iya jadi memang harus ada juga investasi seperti itu dan memang itu tidak instan. Penambahan dokter ini memang sebuah keharusan karena memang kita masih sangat kekurangan. Untuk memenuhi semua program itu memang harus ada target jangka Panjang juga,” sebutnya.
Halik juga menyebut, sosok Chaidir dan Suhartina memiliki peran yang cukup besar dalam upaya pemerintah mendorong kesehatan warganya. Saat masih menjadi legislator Maros, Chaidir diketahui aktif terlibat dalam Menyusun beberapa Perda terkait Kesehatan Ibu dan Anak serta kampanye vaksinasi.
“Beliau berdua saya kenal cukup baik yah. Utamanya saat masih di DPRD itu mereka cukup aktif mendorong upaya program kesehatan pemerintah seperti melahirkan Perda kesehatan ibu dan anak dan juga kampanye vaksinasi,” ujarnya.
Sementara itu, Calon Bupati Maros, Chaidir Syam mengatakan, program kesehatan yang digagas olehnya tidak mungkin bisa terwujud tanpa dukungan dari semua pihak utamanya kalangan dokter. Ia pun terus meminta saran dan juga kritik terkait program kesehatan yang nantinya akan menjadi program Pemerintah Kabupaten.
“Saya juga sangat mengapresiasi setiap masukan dari pihak dokter terkait program kesehatan yang kami gagas ini. Kedepannya, kolaborasi dan juga ide sangat kami butuhkan dari semua kalangan, agar apa yang menjadi cita-cita kami ini bisa terlaksana,” ungkapnya. #g moehammad