Menteri Sosial Juliari Batubara Jadi Buronan KPK

Mensos Juliari Peter Batubara - Buronan KPK. (Foto: Istimewa)
Kejar sampai dapat – Menteri Sosial Julian Peter Batubara, ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi bantuan sosial penanganan Covid-19. Julian belum memenuhi panggilan KPK. Dia duga menghilang. “Kami himbau, Julian Peter Batubara segera menyerahkan diri kepada KPK,” kata Firli.
menitindonesia, JAKARTA – Setelah ditetapkan jadi tersangka korupsi bansos penganggulangan Covid-19 oleh KPK sebagai salah satu dari lima tersangka, Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara (JPB) mengambil langkah seribu: Lari. Ketua KPK Firli Bahuri pun geram. Firli mengungkap, hingga saat ini Juliari masih buron dan terus dalam pencaharian KPK.
“Kami minta kepada para tersangka saudara JPB dan AW untuk kooperatif dan segera mungkin menyerahkan diri kepada KPK. Karena KPK akan terus mengejar sampai saudara-saudara tertangkap,” ujar Firli, Minggu (6/12/2020), dini hari.
Berdasarkan pemeriksaan saksi dan barang bukti, KPK menetapkan 5 tersangka yakni, sebagai penerima yaitu JPB, MJS, AW dan sebagai pemberi AIM dan HS.
Sebelumnya, KPK menangkap enam orang dalam operasi tangkap tangan kasus bansos corona. Salah satu pihak yang diamankan ini adalah pejabat pembuat komitmen (PPK) Kemensos terkait program bantuan sosial penanganan Covid-19.
“Betul enam orang kami tangkap,” kata Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, Sabtu (5/12).
Meskipun KPK sudah memborgol tangan tersangka yang di OTT, Ghufron belum mau menyampaikan informasi perihal barang bukti yang diamankan tim penindakan dalam OTT tersebut.
Para pihak yang ditangkap saat ini masih menjalani pemeriksaan di Gedung KPK. Lembaga antirasuah itu memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum para terperiksa.
Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri mengungkapkan, kasus dugaan korupsi yang menjerat pejabat Kemensos ini terkait dengan bantuan sosial dalam rangka penanganan pandemi Covid-19.
“Dugaan korupsi PPK telah menerima hadiah dari para vendor PBJ bansos di Kemensos RI dalam penanganan Pandemi Covid-19,” ujarnya.
Juliari Peter Batubara adalah kader PDI Perjuangan yang dipercaya Presiden Jokowi menempati posisi Menteri Sosial. Sebelumnya Juliari Batubara dikenal sebagai politikus PDIP.
Sebelum diangkat jadi menteri, ia sempat menjabat sebagai anggota DPR dalam dua periode masa jabatan untuk daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah I. Posisi politiknya dalam partai berlambang kepala banteng, Juliari menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum pada periode 2019-2024. #timAE