Gara-Gara Meramal Presiden Jokowi Lengser, Mbak You Bakal Dipolisikan

Peramal kontroversial, Mbak You. (Foto Ist)
Ramalannya bikin gaduh masyarakat – Meresahklan sebahagian orang di negeri ini. Mbak You meneropong nasib Presiden Joko Widodo, akan lengser dalam ramalannya di tahun 2021. “Kami berencana akan melaporkan Mbak You, ramalannya meresahkan masyarakat,” kata Muannas Alaidid.
menitindonesia, MAKASSAR – Tukang ramal, Mbak You, diramalkan bakal berurusan dengan polisi tahun ini. Dia akan dilaporkan ke polisi oleh CEO Cyber Indonesia setelah menyebut Presiden Jokowi dalam ramalan 2021.
CEO lembaga Cyber Indonesia, Muannas Alaidid, berencana melaporkan Mbak You yang dinilai membuat gaduh masyarakat setelah meramalkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lengser di tahun 2021.
“Ya, ada rencana, kita mau melaporkan Mbak You,” ujar Muannas di kutip dari Tribun.com, Senin (18/1/2021), malam.
Muannas menyebut dirinya saat ini masih mengumpulkan alat bukti dan meminta pandangan ahli mengenai adanya tindak pidana yang dilakukan Mbak You. “Kalau memang alat bukti cukup, baru nanti kita akan rilis,” ujarnya.
Dia menilai ramalan Mbak You mengenai lengsernya Jokowi di tahun 2021 hingga adanya kerusuhan adalah hal yang meresahkan. “Kalau kita melihat, jelas itu provokasi yang meresahkan, dari apa yang dia sampaikan dalam ramalan itu, dia menyebut ada kerusuhan, pelengseran,” ungkapnya.
Muannas menyebut, Mbak You dapat disangka penyebaran berita bohong setelah merevisi ramalannya. Dalam konteks ramalan, kata dia, belum ada pidana. Namun, Mbak You merevisi ramalannya, Munannas menilai hal itu sudah kategori berita bohong dan memiliki konsekuansi hukum.
Dia juga menyebut, dalam video yang dibuat dan disebar Mbak You terkait ramalannya, Mbak You menyebut lengsernya Jokowi akan terjadi pada 2021, bukan 2024.
Muannas menyebut kemungkinan Mbak You akan dijerat dengan Pasal yang menjerat kasus berita hoaks Ratna Sarumpaet beberapa waktu silam. Kegaduhan yang ditimbulkan Mbak You ini, kata Muannas, tidak jauh berbeda dengan yang ditimbulkan Ratna Sarumpaet.
“Yang paling nyata, itu ramalan tahun 2021 dia revisi ke 2024. Berita bohong dilarang oleh pasal 14 UU nomor 1 UU 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana. Ancamannya 10 tahun,” ucap Muannas.
Terkait ramalannya yang viral itu, Mbak You memberikan klarifikasinya. Ia menganggap, banyak pihak salah menafsirkan kalimatnya, terutama soal pergantian pemimpin di tahun 2021.
“Banyak terawangan yang dipotong dan dikembangbiakkan tanpa kontrol seperti bola panas menggelinding. Jadi ada beberapa akun yang seolah saya berbicara seperti itu. Bicara saya dipotong tanpa bahasa yang jelas,” ujarnya dalam sebuah video di Channel YouTube Mbak You.
Mbak You menjawab soal sindiran gaya bahasanya yang kerap dinilai menimbulkan salah paham.
Sehingga, ia sadar tidak semua orang akan memahami apa maksud dari kalimatnya.
“Yang saya maksud di tahun mendatang pergantian presiden itu di 2024 akan ada pergantian presiden, bukan presiden sekarang. Bukan 2021 tapi di saat nanti pergantian presiden nanti di 2024 akan ada ganti presiden,” terangnya. #adezakaria


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini