Unhas-DPRD Makassar Kerja Sama Dalam Setiap Pembuatan Perda

Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuh, MA didampingi Dekan Fakultas Hukum bersama Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo yang didampingi Anggota DPRD Makassar jalin kerjasama yang saling memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat. (Foto: Ist)
Unhas Apreiasi DPRD Makassar – Saat menyusun Perda, DPRD Makassar akan mengajak Unhas memberikan masukan dan saran kepada DPRD. “Kami mau agar Perda yang dihasilkan DPRD berkualitas dan bermartabat,” kata Rudianto Lallo.
menitindonesia, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar sepakat kerja sama pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi. Kesepakatan tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA dan Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo, SH.
Acara penandatanganan MoU berlangsung pukul 13.30 Wita secara luring terbatas dengan menerapkan protokol Covid-19 secara ketat di Baruga Baharuddin Lopa, Fakultas Hukum Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Rabu (10/02).
Turut hadir Dekan FH Unhas Prof. Dr. Farida Patittingi, SH., M.Hum, Plt. Sekretaris DPRD Kota Makassar Andi Bukti Jufri dan jajaran lainnya.
Mengawali kegiatan, ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas keterbukaan Unhas untuk melakukan kerja sama. Dia menjelaskan, salah satu tugas DPRD adalah membuat produk hukum yang memerlukan saran dan masukan serta keterlibatan lembaga yang memang memiliki basis keilmuan akan hal tersebut.
“Kami banyak menyusun dan membuat peraturan daerah. Namun, kami sadar betul bahwa selama ini harusnya ketika menyusun satu produk hukum, tentu harus minta ke lembaganya, bukan masing-masing pribadinya. Saya berkeinginan agar DPRD diberikan masukan dan saran karena kami banyak membuat perda,” ujar Rudianto.
Lebih lanjut, Politisi Nasdem itu, yakini dengan melibatkan Unhas dalam menghasilkan produk hukum, maka kualitas peraturan daerah yang dihasilkan akan lebih baik karena disesuaikan dengan penelitian dan permasalahan yang dihadapi masyarakat.
Pada kesempatan yang sama, Dekan FH Unhas Prof. Dr. Farida Patittingi, SH., M.Hum., menuturkan kerja sama ini tentu menjadi langkah strategis untuk saling mendukung. “Unhas sebagai lembaga pendidikan memiliki pakar yang dapat membantu pemerintah menjalankan program kerja yang diharapkan dapat memberi dampak positif kepada maayarakat,” ujar Farida Patittingi.
Sementara itu, Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., juga menyambut baik kerja sama ini. Dia menilai kemitraan ini, ada harapan besar yang dapat memberikan keuntungan pada kedua pihak. Menurutnya, Unhas siap membantu dan berkontribusi untuk bersama-sama membangun pemerintahan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
“Unhas akan mendukung DPRD Makassar yang lebih bermartabat dan berwibawa melalui produk hukum yang dihasilkan. Makassar sebagai etalase atau penghubung harus bisa menampilkan wajah sebaik-baiknya dan untuk itu diperlukan dukungan regulasi yang baik pula,” jelas Prof Dwia.
Bersamaan dengan MoU ini, juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara DPRD Makassar dengan Fakultas Hukum sebagai bagian dari rangka Dies Natalis ke-69 FH.
Kegiatan penandatanganan berlangsung lancar dan hikmat hingga pukul 14.00 Wita. (andi ade zakaria)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini