Doa Agar Selamat Dari Pemimpin Yang Zalim

Ilustrasi Berdoa.
menitindonesia, TIP DOA – Setiap orang harus selalu memanjatkan doa, termasuk berdoa agar terhindar dari pemimpin yang zalim. Sebab pemimpin, meskipun penampilannya baik dan terlihat suci, bukan menjadi jaminan dia tulus kepada rakyatnya atau bangsanya. Bisa jadi, itu hanya cara dia berpenampilan agar dipercaya dan mendapat dukungan.
Agar terhindar dari pemimpin yang hanya mengutamakan dirinya, keluarganya, gengnya dan mengabaikan rasa keadilan demi kepentingan-kepentingan mereka yang diselubungi niat jahat, rakyat haruslah mendoakan pemimpinnya agar selalu diberi hidayah dan diluruskan niatnya.
Dalam Islam, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang jujur dan tidak zalim kepada rakyatnya. Pemimpin yang bersungguh bekerja untuk membawa negerinya menjadi makmur dan sejahtera.
Diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda,
إِنَّ الْمُقْسِطِينَ عِنْدَ اللَّهِ عَلَى مَنَابِرَ مِنْ نُورٍ عَنْ يَمِينِ الرَّحْمَنِ عَزَّ وَجَلَّ . . .الَّذِينَ يَعْدِلُونَ فِي حُكْمِهِمْ وَأَهْلِيهِمْ وَمَا وَلُوا
Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang berbuat adil, kelak di sisi Allah (mereka berada) di atas mimbar dari cahaya di sebelah kanan Allah Azza wa Jalla. . . . yaitu mereka yang berbuat adil dalam hukum, keluarga, dan apa saja yang mereka pimpin.”
Dikutip dalam muslimafiyah, ada tiga doa yang bisa dipanjatkan atau doa dihindarkan dari pemimpin zalim yakni:
Seorang Ulama Fudhail bin ‘Iyadh berkata bahwa:
“Seandainya aku memiliki doa yang mustajab, maka akan aku tujukan doa tersebut kepada pemimpin.”
Ada yang bertanya pada Fudhail, “Mengapa bisa demikian?” Ia menjawab, “Jika aku tunjukkan doa tersebut pada diriku saja, maka itu hanya bermanfaat untukku. Akan tetapi kalau aku tujukkan untuk pemimpinku, maka rakyat dan negara akan menjadi baik.
1. Doa agar terhindar dari pemimpin zalim yang pertama
اللهم إني أعوذبك من إمارةِ الصبيان والسفهاء
(Allahumma inni a’udzubika min imratisshibyan was sufaha’)
Artinya: Yaa Allah, sungguh kami berlindung kepada-Mu dari pemimpin yang kekanak-kanakan dan dari pemimpin yang bodoh.”
2. Doa agar terhindar dari pemimpin zalim yang kedua
اللَّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا بِذُنُوْبِنَا مَنْ لَا يَخَافُكَ فِيْنَا وَلَا يَرْحَمُنَا
(Allahumma laa tusallith ‘alainaa bidzunubinaa man laa yakhafuka fiinaa wa laa yarhamunaa)
Artinya: “Yaa Allah dikarenakan dosa-dosa kami janganlah Engkau kuasakan (beri pemimpin) orang-orang yang tidak takut kepada-Mu atas kami dan tidak pula bersikap rahmah kepada kami.”
3. Doa agar terhindar dari pemimpin zalim yang ketiga
اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُمْ لِمَا فِيْهِ صَلَاحُهُمْ وَصَلَاحُ اْلإِسْلَامِ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِنْهُمْ عَلَى الْقِيَامِ بِمَهَامِهِمْ كَمَا أَمَرْتَهُمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَبْعِدْ عَنْهُمْ بِطَانَةَ السُّوْءِ وَالْمُفْسِدِيْنَ وَقَرِّبْ إِلَيْهِمْ أَهْلَ الْخَيْرِ وَالنَّاصِحِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ
Artinya: “Ya Allah, jadikanlah pemimpin kami orang yang baik. Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin. Ya Allah, bantulah mereka untuk menunaikan tugasnya, sebagaimana yang Engkau perintahkan, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jauhkanlah mereka dari teman dekat yang jelek dan teman yang merusak. Juga dekatkanlah orang-orang yang baik dan pemberi nasihat yang baik kepada mereka, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jadikanlah pemimpin kaum muslimin sebagai orang yang baik, di mana pun mereka berada.”
Itulah sebagian doa agar terhindar dari pemimpin yang zalim. Tentunya kalimat doanya tak harus persis, yang penting kita berdoa agar mendapatkan pemimpin yang amanah, adil dan jujur. (ali amin)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini