Terima Laporan Kedaruratan Bencana, Bupati Maros Langsung Tinjau Lokasi Banjir

Bupati Maros HAS Chaidir Syam tinjau pemukiman warga yang terkena banjir. (Foto: ito_menit)
menitindonesia, MAROS – Bupati Maros, HAS Chaidir Syam, setelah mendengar laporan warga, langsung turun meninjau lokasi banjir di Lingkungan Galaggara, Kelurahan Mattirodeceng, Kecamatan Lau, Kabupatgen Maros, Kamis (11/3/2021).
Bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maros Ny Hj Ulfiah Nur Yusuf Chaidir, Bupati Maros langsung mendatangi wilayah pemukiman yang tergenang dan meninjau titik yang menyebabkan terjadinya lupan air.
“Kami ke sini karena mendapatkan informasi kalau pemukiman warga disekitar sini setelah diguyur hujan yang mengakibatkan peningkatan debit air sungai. Kami ingin melihat langsung kondisi warga dan mencarikan solusi yang tepat,” kata Chaidir Syam.
Turut hadir dalam kunjungan Bupati Maros itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Maros Fadli, untuk memastikan situasi di lapangan.
Bupati Maros juga menginstruksikan kepada seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa agar tetap melakukan siaga bencana dan terus berkoordinasi dengan BPBD Maros, yang saat ini, kata Chaidir, sudah disiagakan dalam 24 jam.
“Meski hari libur, saya minta BPBD Maros tetap siap siaga, Camat, Lurah dan juga Kepala Desa agar siaga bencana. Cuaca saat ini sedang ekstrim, dan daerah kita ini termasuk daerah yang rawan banjir,” ujar Chaidir.
Dia juga mewanti-wanti kepada seluruh warga agar memperhatikan kebersihan, kesehatan lingkungan dan drainase di wilayahnya jangan sampai ada yang tersumbat.
Sementara itu, Kepala BPBD Maros, M Fadli, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan 45 orang personil yang siaga bencana dan sudah dibagi menjadi tiga regu.
“Untuk sarana penunjung kita siapkan perahu politeline 5 unit lengkap dengan mesin, kendaraan evakusi 4 unit dan mesin pemotong sebanyak 6 unit yang sudah disiapkan pada masing-masing regu,” ujar Fadli.
Jika terjadi situasi yang serius, kata dia, masyarakat diminta melaporkan kondisi darurat tersebut melalui kontak person kedaruratan yang telah disebar, yakni: 081245185227, 085211462363, 085341000709, 087819027601 dan 081355221553.
“Jadi warga diharap melaporkan kondisi darurat, jika ada masyarakat yang ingin dievakuasi silahkan menghubungi kontak tersebut,” tandasnya. (ito)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini