Dukung Rekonsialiasi dan Islah, Arham Basmin Dorong DPP KNPI Kongres Bersama

Ketua DPD KNPI Sulawesi Selatan, Andi Muhammad Arham Basmin. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan Andi Muhammad Arham Basmin, menyambut positif perdamaian dan rekonsialiasi DPP KNPI yang selama ini terpecah belah.
“Selama tiga tahun, konflik kepemimpinan di KNPI pusat melebur menjadi tiga kubu. Konflik ini diakhiri dengan perdamaian, semua kubu sepakat mengakhiri konflik dan menempuh kompromi. Dinamika ini sangat mendidik dalam membangun karakter pemuda,” kata Arham Basmin, di Makassar, Jumat (13/3/2021).
Lebih lanjut, Arham mengatakan, konflik yang berakhir perdamaian atau islah adalah dinamika yang sehat dalam suatu organisasi. Hal itu, kata dia, konflik bukan membuat KNPI menjadi lemah, justru dinamika itu lebih matang dan lebih kuat lagi.
“Tiga tokoh pemuda dalam organisasi KNPI sekaran, Nur Fajrieansyah, Abdul Azis dan Mustahuddin, adalah pemimpin pemuda yang memiliki kebesaran jiwa dan nurani yang bersih. Mereka patuh pada suara hati, berdamai demi masa depan pemuda yang lebih baik,” ujarnya.
Sebelumnya, telah dilakukan perdamaian sekaligus islah tiga kepemimpinan DPP KNPI yang dibuktikan dengan pembubuhan tandatangan yang dihadiri masing-masing pimpinan dan sekretaris jenderal di Sekretariat DPP KNPI, Jalan KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat, pekan lalu.
Andi Arham Basmin juga berharap, perdamaian itu tidak hanya terjadi di pusat, tapi juga menjalar sampai ke daerah-daerah, yang selama ini ikut terbelah akibat adanya konflik di pusat.
“Langkah pemerintah untuk menyatukan kubu di KNPI harus dihargai dan dihormati. Tak hanya di tingkat pusat, bahkan di daerah pun harus mengakhiri konflik menuju jalan damai atau islah,” ucapnya.
Pada saat memimpin rapat pleno DPD I KNPI Sulsel di Hotel Horizon, siang tadi, Arham Basmin menyerukan menyerukan kepada DPP menggelar kongres bersama demi menyatunya pemuda di se antero Indonesia.
Dukungan penyatuan KNPI serta kongres bersama yang rencana dihelat tahun ini, diputuskan Arham melalui rapat pleno baik melalui during maupun luring yang dihadiri seluruh pengurus DPD KNPI Sulsel.
Sementara itu, Sekretaris KNPI Sulsel, Andi Surahman Batara mengatakan, KNPI di daerah harus mengambil langkah responsif dengan mendorong rekonsiliasi penyatuan kepemudaan.
“Kami dari KNPI Sulsel sangat mendukung kongres bersama, sebaiknya memang melibatkan seluruh kubu DPD KNPI sehingga betul-betul KNPI menjadi satu,” kata Surahman.
Ia juga berharap, pemerintah ikut terlibat dalam penyatuan orgasisasi yang menaungi semua OKP ini.
“Kami harap pemerintah dalam hal ini Mempora, untuk ikut juga mempertemukan semua pihak-pihan sehingga KNPI bisa bersatu seperti semula,” pungkasnya. (andi esse)