Teller Bank Riau Kepri Ini Curi Uang Nasabah Rp 1,3 Miliar

Pelaku pencurian uang nasabah di Bank Riau Kepri, ditangkap polisi. (Foto: ist)
menitindonesia, JAKARTA – Pelaku pencurian uang nasabah di Bank Riau-Kepri Cabang Rokan Hulu, Riau diciduk polisi. Pelaku berinisial NH (37) dan AS (47). Keduanya mencuri uang milik tiga nasabah dengan total Rp1,3 miliar.
“Kedua pelaku mantan pegawai Bank Riau Kepri (BRK). Tersangka NH sebagai teller dan AS head teller. Mereka menggelapkan uang tabungan nasabah,” kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto kepada wartawan, Selasa (30/3/2021), kemarin.
Dalam menjalankan aksinya, kata Sunarto, kedua pelaku memiliki peran masing-masing. NH selaku teller memalsukan tanda tangan nasabah dalam form slip penarikan, sehingga dapat melakukan penarikan uang tunai dari rekening nasabah.
Sedangkan pelaku AS yang saat itu menjabat sebagai head teller memberikan username dan password. Sehingga membuat NH dapat dengan leluasa melakukan delapan kelai transaksi penarikan dari rekening nasabah.
Terbongkarnya kasus ini setelah polisi menerima laporan dari korbannya pada Selasa, 16 Maret 2021 lalu. Saat itu, salah satu korbannya bernama Hotnasari Nasution datang ke BRK Cabang Rohul pada 31 Desemebr 2015 silam untuk mengecek buku tabungan milik ibunya Hj Rosmaniar yang juga mereupakan nasabah bank tersebut.
Namun, betapa terkejutnya korban saat mengecek uang tabungan tersebut saldonya tinggal RP 9,7 juta. Padahal, lanjutnya, korban tidak pernah mengambil tabungan uang tersebut karena untuk bekal di hari tuanya.
“Saldo awal rekening atas nama korban Rosmaniar sejak 13 Januari 2015, itu sebesar Rp Rp 1,2 miliar lebih. Tetapi, setelah dicek tinggal Rp 9,7 juta,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Sunarto mengungkapkan, hal yang sama juga dialami oleh anak kandung Rosmaniar, Hothasari Nasution dan seorang warga bernama Hasimah. Dalam kejadian itu, Hotnasari mengalami kerugian Rp 133 juta, sedangkan Hasimah Rp 41.995.000. Total kerugian sekitar Rp 1,3 miliar. Saat ini, pihaknya masih mendalami aliran dana yang dicuri oleh kedua pelaku tersebut. (obbe)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini