Cegah Dualisme Kepengurusan KNPI Makassar, HMI Sarankan Pemkot Mediasi Musda Bersama

Sekretaris umum HMI Makassar, Adil Sulkifli. (Foto:Ist_Menit)
menitindonesia, MAKASSAR – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Makassar dorong rembuk pemuda sebagai jalan rekonsiliasi kepemudaan, untuk mencegah keberlanjutan dualisme kepemimpinan ditubuh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Makassar.
Sekretaris umum HMI Makassar, Adil Sulkifli menegaskan bahwa konflik kepemudaan yang mengakibatkan dualisme tersebut, harus segera dicegah dan diakhiri.
“Konflik kepemudaan yang berdampak terhadap dualisme kepemimpinan KNPI harus segera diakhiri, dengan lebih dini melakukan pencegahan agar dualisme tidak berlanjut”, tegas Adil, Selasa (06/04/2021).
Adil menambahkan, dualisme kepemimpinan di tubuh KNPI Makassar berpeluang berlanjut jika Musda mendatang tidak digelar bersama dengan semua pihak yang berseteru.
“Jika Musda dilaksanakan dengan tidak melibatkan semua pihak yang berseteru maka salah satunya berpeluang akan meyeleggarakan Musda susulan,” ujar Adil.
Sehingga, kata Adil, hal tersebut semestinya dicegah dengan duduk bersama atau rembuk pemuda bersama seluruh OKP yang berhimpun di KNPI dan seluruh pihak yang berebut klaim kepemimpinan yang sah dan benar sebelum Musda dilaksanakan.
Menurutnya, dinamika kepemudaan Makassar yang cenderung mengarah ke perpecahan tersebut, harus menjadi perhatian khusus pemerintah kota untuk menengahi masalah.
“Pemerintah kota harus memberi atensi terhadap masalah kepemudaan hari ini, karena pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan”, tutup Adil.
Diketahui, KNPI Makassar dibawah kepemimpinan Cristiover Aviary akan menyelenggarakan Musda pada 9 April mendatang.
Sementara, KNPI Sulsel di bawah kepemimpinan Nurkanita Kahfi sebelumnya telah menunjuk Putri Utami Muis sebagai Plt Ketua KNPI Makassar, untuk melakukan konsolidasi organisasi dan juga menggelar Musda. (andi esse)