Budayawan Asmin Amin, Sampaikan Pesan Ramadan Kepada Para Pemimpin: Jangan Seperti Iblis, Merasa Lebih Baik

Budayawan Sulsel, Ir Asmin Amin. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Budayawan Sulawesi Selatan Asmin Amin menyampaikan pesan Ramadan kepada para pemimpin melalui group-group WhatsApp, yang diunggah pada Ramadan ke 4, Kamis (15/4/2021).
Asmin mengatakan, dulu salah satu makhluk yang dikenal ketaatannya adalah Iblis. Namun, Iblis angkuh dan sombong atas apa yang dimiliki, sehingga dia dikeluarkan dari surga.
Mantan Anggota DPR RI Periode 2009-2014 dari Fraksi PKS itu menjelaskan, tatka Allah mengumumkan kepada para penghuni surga, bahwa Allah telah menciptakan Adam, manusia dari tanah, dan diberi kemampuan untuk mengetahui banyak nama-nama yang tak diberikan kepada Malaikat dan Iblis.
“Lalu, Allah menyuruh  memberi penghormatan kepada Adam. Semua Malaikat bersujud kecuali iblis yang membangkang dan merasa lebih tinggi derajatnya dibanding Adam. Ia merasa lebih baik karena diciptakan dari api, sedangkan Adam dari tanah,” ujarnya.
Asmin mengutip Firman Allah yang menukilkan peristiwa keangkuhan Iblis atas perintah-Nya untuk menghormati keunggulan dan kelebihan pada Adam.
“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat : ‘Sujudlah kamu kepada Adam,’ maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir” Ucap Asmin mengutip QS. Al-Baqarah Ayat 34.
Dari ayat di atas, lanjut dia, terlihat jelas bahwa dosa pertama kali terjadi adalah kesombongan dan keangkuhan Iblis atas perintah Allah.
“Sifat ini telah menggiring Iblis pada kekufuran dan keingkaran. Iblis memandang dirinya lebih mulia, merasa lebih baik, merasa lebih hebat. Seperti itu karakter Iblis,” ucap Asmin Amin.
Dari kisah itu, Asmin meminta para pemimpin di negeri ini agar menjauhkan diri dari sifat sombong dan merasa lebih baik.
“Sifat sombong dan merasa lebih baik akan membuat kita jauh dari rahmat Allah,” pungkas Asmin Amin. (roma)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini