DPRD Maros Gelar Paripurna Penyerahan Tiga Ranperda, Termasuk Rancangan Awal RPJMD 2021-2026

Rapat Paripurna DPRD Penyerahan Tiga Ranperda, dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Maros. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAROS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maros menggelar rapat paripurna penyerahan rancangan awal RPJMD Kabupaten Maros tahun 2021-2026 di ruang rapat utama Gedung DPRD Maros, Jalan Lanto Daeng Pasewang Maros, Senin (19/4/2021).
Selain itu, juga disertakan penyerahan dua Ranperda lainnya, yakni rancangan Perda pembentukan dan susunan perangkat daerah serta perubahan atas Perda nomor 8 tahun 2016 tentang penyertaan modal pemerintah daerah.
Rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Maros HA Patarai Amir dan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Maros, AS Chaidir Syam dan Suhartina Bohari. Juga turut hadir Forkopimda se Kabupaten Maros dan seluruh kepala OPD, Camat dan lurah.
Bupati Maros AS Chaidir Syam berharap, dalam pembahasan tiga Ranperda tersebut dijadikan prioritas, sebab dalam waktu 60 hari ke depan Perda tentang RPJMD Maros dan susunan perangkat daerah sudah harus selesai.
Ia juga meminta kepada seluruh OPD yang terkait dengan ketiga Ranperda yang diserahkan tersebut agar mengikuti pembahasan bersama dengan DPRD, agar apa yang ditanyakan dan dipermasalahkan DPRD dalam pembahasan nanti bisa, segera diatasi dan dijawab.
“Dalam pembahasan Perda nanti, kami minta seluruh OPD yang terkait agar pro aktif dalam pembahasan Perda. Kita mengejar target agar ketiga Ranperda ini bisa selesai dalam waktu 60 hari ke depan,” kata Chaidir Syam.
Sementara itu, Ketua DPRD Maros HA Patarai Amir menyampaikan, bahwa DPRD Maros sudah lama menunggu draft awal RPJMD diserahkan dan saat ini pihaknya akan memprioritaskan menyelesaikan pembahasan ketiga Ranperda tersebut.
Setelah rapat ini, kata dia, Fraksi yang ada di DPRD akan menyampaikan pamandangan umum, setelah itu, DPRD segera membentuk Panitia Khusus pembahasan ketiga rancangan Perda tersebut.
‘Kami juga berharap kerjasama dari Bupati dan seluruh OPD agar pro-aktif dalam pembahasan. Insya Allah DPRD akan menyelesaikan tugasnya membahas ketiga Ranperda ini,” ujar Patarai.
Selain ketiga Ranperda tersebut, Patarai juga menyampaikan persetujuan penetapan Peraturan DPRD tentang kode etik dan tata cara beracara Badan Kehormatan DPRD.
Setelah rapat paripurna digelar, Anggota Dewan bersama Bupati dan Wakil Bupati melanjutkan acara buka puasa bersama di rumah jabatan Bupati. (roma)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini