Dokter Koboi Sebut Kegiatan Detektor Covid-19 Bermanfaat, Sisah Pelaksanaannya Dibenahi Sedikit

Humas IDI Makassar, dr Wachyudi Muchsin SH MKes. (Foto: ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Aktifis Covid-19 Kota Makassar, dr Wachyudi Muchsin SH MKes menilai program Satgas Detektor Covid-19 yang diterjunkan Pemkot Makassar melakukan screaning ke rumah-rumah warga sangat bermanfaat.
“Programnya sangat bagus, yang harus dievaluasi pelaksanaannya, karena semua program itu tidak ada yang sempurna. Itulah pentingnya dievalusi berkala dan setiap selesai dibriefing lagi timnya,” kata dr Wachyudi yang juga adalah Humas IDI Kota Makassar, melalui keterangannya, Minggu (11/7/2021).
Dokter yang dikenal dengan sebutan Dokter Koboi itu mengatakan, manfaat dilakukan screaning secara massif, apabila ditemukan ada yang bergejala atau positif, maka dilanjutkan dengan testing dan treatmen.
“Ini bisa menolong dan mencegah penularan, karena ada penanganan lebih cepat,” ucapnya.
Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar, dr Siswanto Wahab menjelaskan, yang perlu menjadi catatan penting dalam pelaksaan kegiatan Satgas Detektor adalah kedisiplinan para relawan dalam mengedukasi masyarakat perlu ditingkatkan.
Dia juga menyarankan, sebelum melakukan pemeriksaan kepada warga, relawan Satgas Detektor terlebih dahulu menyampaikan tujuan pemeriksaan yang dilakukan.
“Harus mengedukasi warga, menyampaikan tujuan pemeriksaan dilakukan agar masyarakat lebih paham,” pungkasnya. (andi ade zakaria)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini