Resmikan Pamsimas III, Bupati Maros: Lega, Krisis Air Bersih di Salerenrang, Bontoa, Sudah Teratasi

Bupati Maros AS Chaidir Syam Resmikan Pamsimas III, di Desa Salenrang. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAROS – Bupati Maros, AS Chaidir Syam, meresmikan penggunaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kamis (2/12/2021).
Dalam sambutannya, Chaidir mengatakan, Pamsimas ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah penduduk di kawasan pedesaan dan “peri urban” untuk mendapatkan akses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan yang dilakukan melalui pendekatan berbasis masyarakat.
“Saya sangat bersyukur, program Pamsimas III ini mampu mengurangi krisis air bersih yang dialami masyarakat desa, termasuk masyarakat Desa Salenrang Kecamatan Bontoa yang sebelumnya mengalami krisis air bersih, terutama kalau musim kemarau,” kata Chaidir Syam.
Lebih lanjut, Chaidir menjelaskan, Program Pamsimas III tersebut sejalan dengan visi pemerintah Kabupaten Maros dalam RPJMD tahun 2020-2026, yang mana, kata dia, salah satu misinya yang memberikan pelayanan air minum dan sanitasi.
“Ini termuat dalam misi ketiga, yakni meningkatkan keterjangkauan kebutuhan dasar dan pelayanan dasar secara inklusif. Pengadaan air bersih, di daerah ini adalah pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat,” ucapnya.
Selain itu, mantan Ketua DPRD Maros ini, juga menjelaskan kegiatan Pamsimas merupakan dukungan terhadap agenda pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarat melalui upaya penegentasan kemiskinan dengan penyediaan air minum dan sanitasi yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah.
Ia juga berharap, sarana hasil kegiatan Pamsimas ini terus dikembangkan secara berkesinambungan agar bisa membantu pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan akses air minum di masyarakat. Menurutnya, bantuan ini sangat bermanfaat untuk penyediaan air minum yang bersih.
“Sya minta agar bantuan Pamsimas ini dikelolah dengan baik. Peran kelompok pengelolah yang telah ditunjuk di masing-masing desa, harus lebih optimal dan memberi keadilan dalam distribusi air kepada masyarakat.
Turut hadir dalam peresmian Pamsimas III ini PC Rooms 15 Provinsi Sulsel dan PC Rooms 15 Kabupaten Maros. Juga hadir mendampingi Bupati, yakni Cama Bontoa dan Kepala Desa Salenrang serta tokoh masyartakat setempat. (roma)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini