Dinas ESDM dan PKK Sulsel Gelar Bimtek Pemanfaatan Biomassa dari Kotoran Hewan

Bimtek pemanfaatan bimassa untuk rumah tangga. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAROS – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Sulawesi Selatan, menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknik Pemanfaatan Biomassa untuk Rumah Tangga, di Dusun Tanah Lompoa, Desa Sambueja, Kabupaten Maros, Selasa 15 Maret 2022.
Kegiatan ini dihadiri oleh Dra A Kasmawati Paturisi, M.Si sebagai tim ahli PKK dan pengurus TP PKK Sulsel, dari Dinas ESDM Sulsel, hadir Pembina Kampung KB, Perwakilan tiap Kecamatan di Maros.
Dikesempatan ini, diberikan pula bantuan kepada warga berupa alat untuk pengolahan kotoran hewan (sapi) menjadi biogas.
Kasmawati Paturisi menyampaikan, dalam bimbingan teknis ini, pihaknya memberikan edukasi bagaimana memanfaatkan biomassa untuk rumah tangga. Menurutnya, biomassa dari kotoran hewan sebagai energi alternatif di Sulsel.
PKK terus mendorong pemanfaatan kotoran sapi untuk menghasilkan energi biogas guna memenuhi kebutuhan masyarakat.
“Pemanfaatan kotoran Sapi untuk pembuatan biogas ini yang diternakkan langsung oleh warga setempat, selain menghasilkan gas sebagai bahan bakar alternative, biogas ini juga menghasilkan pupuk kompos yang digunakan untuk tanaman, juga untuk pakan ikan,” jelasnya.
Sementara itu, Habo sebagai Ketua Kampung KB, mengatakan, bantuan biogas ini menjadi solusi terbaik bagi warga setempat.
“Terima kasih banyak kepada Pemerintah Provinsi Sulsel, PKK Sulsel dan juga Kalla Grup yang menjadi sponsor dalam penyaluran bantuan biomassa ini, dan kami juga berharap kapasitas biomassa dapat ditambahkan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat banyak,” kata Habo.
Acara ini juga melibatkan dari Kalla Group. Warga juga berharap bantuan ini dapat berkelanjutan, sehingga masyarakat sekitar dapat merasakan manfaat dari energi biogas. (andi esse)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini