Tegas, Kapolres Maros Akan Tindak Pelaku Balap Liar Selama Ramadhan

Kapolres Maros, AKBP Fathur Rochman. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAROS – Kepala Kepolisian Resor (Polres) Maros, AKBP Fathur Rochman, menegaskan akan menindak tegas para remaja yang kerap melakukan balap liar di bulan ramadhan.
“Dari pengalaman pengalaman sebelumnya, penyakit masyarakat yang sering muncul di bulan ramadhan adalah maraknya aksi balap liar yang dilakukan kelompok remaja. Kami akan tindak tegas jika ini masih dilakukan,” kata Fatchur Rochman saat melakukan pemantauan Vaksinasi di Kecamatan Mallawa, Minggu (3/4/2022).
Dia mengaku, Polres Maros sudah melakukan langkah antisipasi, salah satunya dengan mengedukasi masyarakat dan menginstruksikan Polsek di jajarannya untuk melakukan pencegahan.
Mengingat selama ini, kata dia, banyak masyarakat yang mengeluhkan gangguan ketertiban dan kenyamanan akibat ulah para pemuda tersebut.
AKBP Fathur Rochman juga menegaskan, pihaknya akan menindak tegas para pelaku balap liar seperti tahun tahun sebelumnya.
“Kita akan melakukan penertiban, jika perlu kita berikan tindakan tegas, motor yang disita karena terbukti balap liar, akan kami sita selama 3 bulan, berbeda dengan kendaraan yang disita karena pelanggaran lainnya,”tegasnya.
Kebijakan ini sejalan dengan atensi Dirlantas Polda Sulsel terkait tindakan tegas bagi pelaku balap liar di Bulan ramadhan untuk memberikan efek jera.
Sementara, di lain tempat, Kasat Lantas Polres Maros, AKP Abdul Malik, menjelaskan, balap liar, selain membahayakan diri sendiri, balap liar juga sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan lain
Selain itu, dia juga menghimbau para orangtua agar melakukan pengawasan kepada anak-anaknya sebagai pencegahan tidak terlibat aksi balap liar.
“Kami memghimbau para orangtua untuk meningkatkan pengawasan kepada anak-anak kita agar tidak terlibat kegiatan aksi balap liar, karena ini membahayakan dirinya sendiri dan juga membahayakan orang lain,” tutupnya. (asrul nurdin)