Pidato di Acara Konferensi PGRI Makassar, Rudianto Lallo Kenang Perjuangan Guru

Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo menyampaikan penghormatan setinggi-tingginya kepada seluruh guru dimanapun mereka mengabdi. Menurutnya dengan jasa-jasa guru maka anak bangsa tercerdaskan.
“Bagi saya guru bukan saja sebagai tenaga pendidik, tetapi dia adalah intelektual dan cendekiawan. Mereka harus mendapat penghormatan yang setinggi-tingginya,” kata Rudianto Lallo saat menghadiri Konferensi Kerja II PGRI Makassar yang bertemakan “Dari PGRI utuk Indonesia Kreativitas dan Dedikasi Guru Memlnuju Indonesia Maju, di Hotel Grand Imawan Makassar, Selasa (21/6/2022).
Politisi yang dikenal dengantagline Anak Rakyat ini, menyampaikan, peran guru begitu besar dalam kehidupam seharu-hari. Tanpa peran guru, diakuinya ia tidak bisa berdiri di hadapan ratusan guru se-Makassar.  Sebab, kata dia, dirinya bukan latar belakang dari keluarga keluarga bangsawan, bukan dari siapa-siapa, tetapi karena dedikasi seorang guru yang membimbingnya akhirnya dapat dipercayakan hingga menjabat sebagai pimpinan DPRD Makassar hingga saat ini.
“Guru ini kalau disebut saya langsung merinding, saya tahu betul perjuangan seorang guru. Saya merasakan betapa besar perjuangan seorang guru, mendidik murid, memberinya ilmu pengetahuan dan budaya sopan santun. Sekali lagi, karena guru saya dapat hadir di tempat ini, terima kasih kepada seluruh guru Indonesia,” ucap Rudianto Lallo.
Dewan Kehormatan PGRI Kota Makassar itu, juga menyinggung tugas guru yang tertuang dalam mars guru yang berbunyi “Wahai kaum guru semua bangunkan rakyat dari gelita kita lah penyuluh bangsa pembimbing melangkah ke muka, Insyaflah ‘kan kewajiban kita mendidik mengajar putra putri, kitalah pembangun jiwa pencipta kekuatan negara.
“Makna ini sangat dalam, membangunkan rakyat, pembangun jiwa dan pencipta kekuatan negara. Memang benar-benar terjadi sebagaimana dalam potongan lirik mars guru ini,”katanya kembali menghormati pengorbanan dan perjuangan guru.
Olehnya itu, dalam kesempatan ini, Rudianto Lallo mengajak Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar yang mewakili Wali Kota Makassar, Muhiddin untuk terus mensupport kegiatan guru, bahkan memberikan reword kepada guru yang mengabdi diwilayah terpencil, kepualuan dan yang berprestasi.
Politisi Partai NasDem itu mengutip salah satu ayat dalam Alquran surah al-Mujaadilah ayat 11 yang mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat lebih tinggi.
“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Surat ini sangat jelas jika orang berilmu diatas sedikit derajatnya daripada yang beriman, salah satu yang di maksud ini adalah guru,”Tambah Rudianto Lallo yang dikenal dengan Tagline Anak Rakyat itu.
Sementara itu, Suharman, Ketua PGRI Makassar, juga menyampaikan kepeduliannya Ketua DPRD yang juga ketua Dewan Pendidikan Makassar itu terhadap guru.
“Melalui dewan pendidikan, Pak Rudianto Lallo menggagas banyak program untuk guru, salah satunya penganugerahan guru inspiratif dan guru Pengabdi tepat di hari guru pada 2021 lalu. Pengangrahan ini diseleksi. dan ini hadir dipengurusan Rudianto Lallo,”Ujar Suharman.
Walikota Makassar, Danny Pomanto yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhiddin mendorong PGRI Kota Makassar semakin kerja kerja profesional, membangun pendidikan yang berkarakter.
“Kita laksanakan tanggungjawan dengan baik, paling juga menjaga kekompakan, sebab Guru itu sebagai seseorang yang telah mengabdikan dirinya untuk mengajarkan suatu ilmu, mendidik, mengarahkan, dan melatih siswanya agar memahami ilmu pengetahuan,” tutupnya. (andi esse)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini