Beri Kuliah Umum Kewirausahaan, Ahmad Susanto : Anak Muda Harus Berani Jadi Pengusaha ‘It’s Time to Start and Be Young Enterpreanurship’

menitindonesia, MAKASSAR – Mantan Rektor UNM, Prof. Dr. H. Arismunandar, M. Pd, Ahmad Susanto ajak mahasiswa UNM jadi pengusaha muda. Namun kata dia, sebelum menggeluti profesi tersebut tentu harus berani dengan dasar yang dimiliki paling tidak dari pengalaman yang pernah dilakukan dan menguntungkan.
Dari situ pola pikir akan berubah sendiri untuk melangkah pada usaha lainnya sesuai modal usaha yang dimiliki. Dan hal itu juga berdasar dari jenis usaha apa saja yang sebelumnya diyakini dapat menguntungkan.
“Jadi jangan takut menjadi pengusaha, karena dengan menjadin pengusaha tentu nya bisa menciptakan lapangan kerja baru. Bisa menyerap banyak tenaga kerja sehingga bisa membawa kemaslahatan bagi orang lain,” papar Ahmad Susanto selaku Narasumber di Talkshow Kewirausahaan yang digelar di Convention Hall UNM, Senin (27/5/2024).
Oleh karena itu kata Pembina UMKM Sulsel ini kewirausahaan penting pada Mahasiswa untuk merubah Pola Pikir, agar tidak selamanya setelah Sarjana orientasinya hanya menjadi pegawai, tetapi harus berani dan siap untuk menjadi pengusaha.
Ahmad Susanto mengemukakan sekaligus memotivasi kepada Mahasiswa bahwa salah satu sektor yang membuat Ekonomi Indonesia bisa bertahan pada saat pandemi Covid 19. Itu adalah UMKM.
“Ada lima Faktor yg menjadi pilar dalam keberhasilan UMKM, pertama yaitu permodalan, regulasi atau aturan yang mendukung, dukungan pemerintah dan pihak terkait seperti kampus yang memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM, fasiltator yang dapat menghubungkan pelaku UMKM dengan pemilik modal dan pemerintah sebagai regulator dan pelaku UMKM itu sendiri,” sebut Ahmad dalam kuliah umum ini disambut tepuk tangan meriah oleh para Mahasiswa.
Selain Ahmad Susanto yang merupakan Pembina UMKM Sulsel dan juga Ketua KONI Makassar dihadirkan selaku narasumber Talkshow Kewirausahaan ini, narasumber lainnya adalah Prof. Dr. H. Arismunandar, M. Pd, (Mantan Rektor UNM), kemudian Bachnar B. Abdullah SH (Owner Berhar Group) Syamsul Alim Bahri, S. Pd, M. Pd. ( Direktur Solusi Belajar) dan Dr. Abdul Kahar Kakantao, M.M (Owner Pantai Bintang Galesong). (*)