Tingkat Harga Kakao, Chocotua Kolaborasi Kerjasama Kelompok Tani Bantaeng

Pendiri IKM Chocutua, Sabri bersama Kelompok Tani Tallasa, Daeng Sibba jalin kerjasama. (Foto: Ist)
menitindonesia, BANTAENG – Tingkatkan nilai harga kakao petani lokal, Industri Kecil Menengah (IKM) pengolahan kakao Chocotua membangun kolaborasi bersama kelompok tani Talasa di Gantarangkeke, Bantaeng.
Pendiri IKM Chocotua, Sabri, SKM, M.Kes mengatakan kerjasama bersama petani sangat penting untuk meningkatkan nilai kakao, IKM Chocotua yang berproduksi di Sentra Kopi Banyorang ini dikelola anak muda dengan semangat peningkatan nilai kakao dan menjadika coklat produk unggalan Bantaeng.
“Kami sangat optimis, kehadiran IKM Chocotua mempu meningkatkan nilai harga pateni lokal Bantaeng,” katanya Senin, (4/6/2021).
Lanjut Alumni Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (UMI) ini terus memberikan dukungan petani untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan dalam perementasi kakao melalui unit pengolahan.
“Chocotua terus memberikan edukasi dan dukungan kepada kelompok tani untuk meningkatkan kualitas kakao dengan melakukan perementasi yang baik. Serta mengusulkan pembuatan unit pengolahan Kakao permentasi,” jelasnya.
Ketua Kelompok Tani Talasa, Deng Sibba mengatakan sangat berterimakasih dan bersyukur atas hadirnya pengolahan kakao yang mampu memproduksi coklat bubuk atau coklat bar. IKM Chocotua menjadi semangat dan harapan kami untuk terus meningkatkan kualitas kami bahkan kami siap melakukan perementasi kakao.
“Kami sangat bersyukur hadirnya IKM pengolahan kakao yang bisa meningkatkan harga kakao dipasaran, Ini menjadi semangat petani untuk terus merawat hasil pertanian karna nilainya yang tinggi,” katanya. (andi esse)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini