Komitmen Bangun Toraja, Gubernur Andi Sudirman Alokasikan Bantuan Pemprov Rp290 Milyar: “Rampomo Pe’meloi Toraya!”

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. (Foto: Ist)
menitindonesia, TORAJA – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, terus menunjukkan komitmennya mendorong pembangunan di Tana Toraja.
Perhatian dan komitmen ini ditunjukkan oleh Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, dengan mengalokasikan anggaran dari Pemprov untuk membangun Tana Toraja Rp290 Miliar.
“Sebagai wujud komitmen Rampomo Pe’meloi Toraya (datang membangun Toraja),” kata Andi Sudirman pada Rapat Paripurna 65 tahun Kabupaten Tana Toraja yang dirangkaikan 775 Tahun Toraja, di Bandara Pongtiku, Rabu (31/8/2022).
Untuk mendukung kemudahan mobilitas masyarakat, Pemprov Sulsel melakukan penanganan sejumlah infrastruktur secara bertahap.
“Di antaranya Ruas Jalan Mebali Kuto yang tahun ini direncanakan dikerjakan sepanjang 6 km; di ruas Pasobbo – Matangli – Massupu – Batas Pinrang yang tahun ini menjadi fokus untuk dilanjutkan penanganannya, mendukung kawasan Simbuang – Mappak,” jelasnya.
Sementara di Ruas Batupapan – Bandara Pongtiku – Batas Toraja Utara, ungkapnya, juga telah dituntaskan sepanjang 9,1 km.
“Hasilnya, sudah bisa dirasakan dan sudah dinikmati masyarakat,” ujarnya.
Di tahun 2022 ini pula, Andi Sudirman menyebutkan, bahwa pihaknya akan melakukan pembangunan Jembatan Talondo di ruas Kotu – Mebali.
Dalam mendorong upaya pemulihan di sektor wisata, tahun ini Gubernur Sulsel mengalokasikan bantuan keuangan senilai Rp 22,5 Miliar untuk Tana Toraja.

“Yang diperuntukkan untuk mendukung akses menuju kawasan Wisata Ollon yang memiliki panorama alam yang indah. Serta untuk subsidi tiket pesawat dari Toraja – Balikpapan di Provinsi Kalimantan Timur,” ujarnya.

Terlebih hadirnya Bandara Buntu Kunik yang telah dibangun atas sinergi bersama Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja.
“Dimana sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mendukung dengan pembangunan jalan akses Bandara Buntu Kunik melalui bantuan keuangan,” bebernya.
Lebih lanjut, Andi Sudirman, mengatakan bahwa alokasi itu juga terdiri dari bantuan sektor pertanian, hibah rumah ibadah, dan sektor lainnya.
“65 Tahun Kabupaten Tana Toraja, kita berharap dengan semangat bergerak maju bersama dalam mewujudkan Tana Toraja bangkit, produktif dan tangguh,” pintanya.
Sementara itu, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung mengapresiasi dukungan dan bantuan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Tana Toraja.
“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Daerah, kami ucapkan terima kasih atas support dan dukungan Gubernur, bapak Andi Sudirman Sulaiman untuk Tana Toraja,” tuturnya. (andi esse)