Tiap Hari Selasa Wali Kota Makassar Danny Pomanto dan Seluruh Pegawai Pemkot Pakai Ojol ke Kantor, Hemat Ratusan Ribu Liter BBM

Wali Kota Makassar Danny Pomanto, tiba di Balaikota menggunakan jasa Ojek Online. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto, mencanangkan Ojek Online (Ojol) Day setiap hari Selasa. Seluruh jajarannya di Pemkot Makassar diminta menggunakan jasa ojek online pergi dan pulang ke kantor.
Menurut Danny, salah satu yang paling terkena dampak kenaikan BBM dan inflasi adalah para ojek online. Sehingga untuk meringankan beban mereka, dia menerbitkan surat edaran Wali Kota dan meluncurkan Ojol Day.
Danny Pomanto pun berangkat kerja menggunakan ojek online. Dia memesan langsung melalui aplikasi di smartphone miliknya. Rute yaitu dari kediaman pribadinya, Jalan Amirullah ke kantor Balaikota Makassar, Jalan Ahmad Yani, Selasa (20/9/2021).
Danny mengatakan, program Ojol Day sebagai upaya mengendalikan inflasi akibat kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi.
“Untuk sementara, kita terapkan Ojol Day seminggu sekali. Kita coba dulu, sambil kita pikirkan apa yang menjadi kekurangan,” ujarnya.
Dia menyakini langkah tersebut akan berdampak terhadap pengurangan penggunaan energi fosil. Selain itu, mengurangi kemacetan dan penggunaan lahan parkir.
“Apa yang kita lakukan adalah mengurangi penggunaan BBM, 22.800 pegawai kota Makassar, kalau satu hari tidak naik mobil sendiri, maka dia bisa hemat 2 sampai 5 liter, coba kita kali 22.800 kali lima liter berarti 100 ribu liter kita bisa lakukan penghematan,” pungkasnya. (andi esse)