Bupati Purwakarta Ambu Anne Gugat Cerai Kang Dedi Mulyadi, Suaminya!

Kang Dedi Mulyadi bersama istrinya, Anne Ratna Mustika (Bupati Purwakarta) sebelum digugat cerai. (Foto: Ist)
menitindonesia, PURWAKARTA – Rumah Tangga Bupati Puwakarta, Anne Ratna Mustika atau Ambu Anne, retak. Anne telah resmi mengajukan gugatan cerai kepada suaminya, Dedi Mulyadi.
Gugatan cerai ini diajukan Anne ke Pengadilam Agama sejak hari Selasa tanggal 19 September 2022. Dedi Mulyadi, merupakan mantan Bupati Purwakarta yang kini menjabat sebagai anggota DPR RI dari fraksi Partai Golkar.
Kepala Huma Pengadilan Agama Kabupaten Purwakarta, Asep Kustiwa, membenarkan, gugatan Anne bercerai dengan Dedi Muylyadi.
“Gugatannya sudah masuk sejak selasa kemarin dan sudah terdaftar dengan Nomor Register 1662/Pdt.H/2022/PA.Pwk,” kata Asep, Kamis (21/9/2022).
Anne merupakan politisi wanita yang lahir di Kabupaten Cianjur pada 28 Januari 1982. Dia menyelesaikan pendidikan SD sampai SMA di Cianjur, lalu  melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi WIKARA, Kabupaten Purwakarta pada tahun 2012.
Sosok Anne diketahui merupakan keponakan dari Bupati Purwakarta periode 1993-2003 Bunyamin Dudih.
Dia mulai dikenal saat menjadi Mojang Kabupaten Purwakarta pada tahun 2001 dan mewakili Purwakarta dalam ajang Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat di tahun yang sama.
Anne kemudian mulai masuk ke dunia politik setelah menikah dengan Dedi Mulyadi. Bersama suaminya, dia bergabung dengan Partai Golkar.
Dia pun turut mendampingi Dedi saat mengemban tugas sebagai Anggota DPRD Purwakarta, Wakil Bupati Purwakarta, Bupati Purwakarta dua periode, hingga di DPR.
Selama mendampingi Dedi, Anne pernah menjabat sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Purwakarta periode 2008-2018.
Selain itu, dia juga pernah menjadi Wanita Olahraga Indonesia periode 2008-2018, serta Ketua Dekranasda Kabupaten Purwakarta periode 2008-2018. Serta menjadi Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Purwakarta periode 2015-2020.
Setelah menimba ilmu di organisasi dan pengalaman saat mendampingi Dedi, dia pun memutuskan untuk meneruskan jejak suaminya itu.
Anne yang berpasangan dengan H. Aming resmi terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta periode 2018-2023. Dengan jabatan tersebut, Anne menjadi bupati perempuan pertama di Kabupaten Purwakarta.
Terkait alasan bercerai, belum diketahui kepastiannya. Namun, dari sumber yang minta namanya tak disebutkan, rumah tangga pasangan politisi ini retak karena diduga hadirnya pihak ketiga. (roma)