Usulan Penggantian Sekprov Sulsel, Pakar Tata Negara Unhas, Prof Ilmar: Sudah Tepat Dilakukan Kalau Gubernur Mau

Pakar Hukum Tata Negara Unhas, Prof Dr Aminuddin Ilmar, SH, MH. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Pakar Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dr Aminuddin Ilmar, SH, MH, membenarkan pengusulan penggantian Sekretaris Daerah Provinsi, bisa dilakukan oleh Gubernur ke pemerintah pusat.
Menurut Prof Aminuddin Ilmar, pengusulan penggantian sekretaris daerah (Sekda) Provinsi Sulsel Dr Abd Hayat Gani oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman ke pemerintah pusat dinilai sudah tepat.
“Gubernur Andi Sudirman Sulaiman memiliki kewenangan penuh sebagai user atau pengguna yakni Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di Pemprov Sulsel,” kata Prof Ilmar melalui keterangannya, Senin (21/11/2022).
Pengusulan penggantian Sekprov oleh gubernur, lanjut dia, sudah tepat dilakukan karena memang Gubernur merupakan user pengguna. Menurutnya, Pengusulan itu penggantian itu biasanya ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).
“Selaku kepala daerah pejabat pembina kepegawaian, Pak Gub punya hak untuk melakukan proses pengusulan pengangkatan pemberhentian seluruh aparatur sipil negara yang ada di bawahnya termasuk mutasi,” beber Prof Ilmar.
Ia juga menyampaikan bahwa persoalan pengusulan, itu adalah kewenangan penuh gubernur sebagai pengguna. Menurutnya gubernur yang paling tahu dan sebagai pejabat pembina kepegawaian gubernur tahu siapa yang bisa diajak bekerja sama dalam berbagai hal khususnya dalam proses perwujudan program prioritas kepala daerah.
“Dari proses itulah pengusulan pemberhentian, akan dilakukan proses lelang karena sekprov itu jabatan eselon 1 b, harus lelang nantinya. Setelah lelang ada tiga nama yang akan diusul ke presiden untuk disetujui,” jelasnya. (andi esse)