Ambulans Covid Hunter Makassar Recover Bantu Evakuasi Korban Kebakaran TSM

menitindonesia, MAKASSAR — Keberadaan Covid Hunter sebagai bagian Program Makassar Recover tidak hanya dalam upaya penanganan pandemi Covid-19, tapi juga masalah darurat lainnya.
Suara sirine mobil ambulans Covid Hunter terdengar lalu-lalang di Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, Senin (24/4/2023) malam.
Ambulance Covid Hunter ikut dikerahkan untuk membantu mengevakuasi korban kebakaran Trans Studio Mal (TSM) Makassar.
“Semua kita standby 47 puskesmas, semua ambulance, homecare ada semua di sini, dan semua rumah sakit hari ini kita minta untuk dibuka (menerima korban kebakaran),” kata Danny Pomanto.
Danny Pomanto berharap tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun ia berjanji semua pengobatan korban kebakaran ditanggung Pemkot Makassar.
“Biaya semua ditanggung pemerintah kota. Kita evakuasi ke rumah sakit terdekat,” tuturnya.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar Nursaidah Sirajuddin mengatakan Ambulance Covid Hunter disiagakan di lokasi kebakaran untuk membantu evakuasi para korban.
“Ambulance ini itu sudah dilengkapi dengan tabung oksigen sehingga kita bisa memberikan pertolongan pertama kepada para korban yang sesak nafas akibat banyak menghirup asap,” ujar Nursaidah Sirajuddin.
Selain itu, pihaknya intens memantau kondisi korban yang dilarikan ke rumah sakit terdekat.
“Korban terus kita pantau kondisinya. insyallah semuanya tertangani dengan baik,” tutupnya. (*)