Kadis PU Makassar Zuhaelsi Zubir Terjun Pengerukan Saluran Adyaksa, Sasaran Eceng Gondok dan Gulma

menitindonesia, MAKASSAR – Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Zuhaelsi Zubir kembali terjun langsung meninjau lokasi pengerukan drainase yang dilakukan di saluran sekunder Adyaksa, Selasa (23/5/2023).
Pengerukan sejumlah saluran sekunder di Kota Makassar ini bagian dari upaya Pemkot Makassar dalam mengantisipasi penyumbatan air diakibatkan sedimen,  sampah maupun tumbuhan.
Peninjauan pengerukan di Kelurahan Pampang, Kecamatan Panakukang, turut disertakan Kepala Bidang PSDA dan Drainase, PPID Dinas PU  PPTK, Satgas Drainase dan Kepala Kelurahan Pampang Kecamatan Panakukang.
Kepala Dinas PU Makassar Zuhaelsi mengatakan pembersihan kali ini adalah eceng gondok dan gulma yang ada di saluran sekunder.
“Ini dilakukan dalam rangka mengoptimalkan fungsi saluran drainase sehingga dapat meminimalisir genangan yang terjadi selama ini,” kata Zuhaelsi.
Pembersihan eceng gondok dan pengerukan sedimen dilakukan dengan menggunakan alat berat berupa Excavator Amphibi dan Excavator Spider.
“Dengan adanya pengerukan sedimen dan pembersihan eceng gondok ini maka diharapkan saluran dapat berfungsi optimal dan mencegah terjadinya genangan di sekitar wilayah Panakukang, Toddopuli, Hertasning, Pampang, BTN CV Dewi dan Pampang,” ungkap Kadis PU. (*)